Lihat ke Halaman Asli

Q Nuraini Cahyaningrum

Ordinary People

Perubahan Nama Merek dan Kemasan untuk Memperluas Pemasaran

Diperbarui: 8 November 2024   13:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Kegiatan PKM dari Fisib Universitas Pakuan di Bumdes Bakti Waringin Desa Purwabakti Kec. Pamijahan Kab. Bogor

Konsep rebranding  merupakan suatu upaya untuk mengubah identitas merek. Rebranding, memiliki beberapa tujuan seperti memperkuat merek, memposisikan kembali produk di benak konsumen. Upaya yang bisa dilakukan dalam proses ini adalah dengan cara mengubah identitas merek seperti nama merek, logo, slogan dan lainnya. Perubahan identitas merek ini bisa diterapkan dalam usaha mikro, seperti produk olahan milik BumDes.

BumDesa Bakti Waringin yang berada di Desa Purwabakti Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor memiliki kelompok-kelompok di bawahnya seperti kelompok pengolah dan pemasar (Poklahsar). Poklahsar ini memiliki fungsi untuk mengolah dan memasarkan produk olahan dari hasil alam Desa Purwabakti Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Produk olahan salah satunya adalah produk nugget ikan nila.

Nugget ikan nila ini pada awalnya dibuat hanya untuk konsumsi tamu yang datang ke dasa tersebut, karena terdapat beberapa objek wisata di Desa Purwabakti. Selain itu produk nugget ikan nila ini juga dijual ke perusahaan yang menyalurkan dana CSR ke desa ini. Namun pemesanan dari dua sumber tersebut tidak selalu ada, tapi pemesanan sewaktu-waktu, maka produk nugget ikan nila ini akan dicoba untuk dijual ke masyarakat luar.

Nama awal produk nugget ikan nila ini adalah Puraget, yaitu Purwabakti Nugget. Namun nama ini dirasakan kurang relevan dengan produknya yang berbahan baku ikan nila. Pencarian nama baru untuk produk nugget ikan nila ini termasuk salah satu kegiatan yang dilakukan oleh tim pengabdian kepada masyarakat Fisib Universitas Pakuan yang kegiatannya didanai oleh program Bima dari Kemenbudristek.  Tim PkM terdiri dari Qoute Nuraini C, Tiara Puspanidra dan Sari Rejeki dan disertakan juga oleh dua orang mahasiswa. Hasil diskusi ini menghasilkan nama baru yaitu Naila, yaitu nugget ikan nila, yang lebih mencerminkan bahan baku produknya.

Perubahan nama brand tidak hanya berubah nama mereknya saja, akan tetapi, pada elemen merek yang lain harus ikut diubah. Visual dari logo, kemasan dan elemen merk lainnya. Berikut foto perubahan kemasan dan perubahan nama produk nugget ikan nila. Perubahan desain kemasan dan rebranding nama Produk Nugget diharapkan bisa memperluas pasar sasaran dan menambah nilai jual produk tersebut.

Sumber Gambar: Dokumen Pribadi Penulis

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline