Lihat ke Halaman Asli

Qotrun Nada

mahasiswa

Kewajiban Anak terhadap Orang Tua

Diperbarui: 3 Juli 2024   12:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu, 

Alhamdulillahilladzi amarona bi syukril walidayni wal ihsani ilaihima, asyhadu allailahaillah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rosuluhu arsalahullahu lil alamiina basyiron wa nadziro, wa dai’yan ilallahi wa sirojan muniro, amma ba’du...allahumma sholli ala sayyidina muhammad an nabiyil ummi al habibil a’li al qodril adzimil jah wa ala alihi wa sohbihi wa sallim.

Hadirin yang dimuliakan Allah,  

Ada tiga amal saleh yang dapat menjadi wasilah penolong kita saat menghadapi kesulitan atau kesusahan, yakni menghindari zina, ketulusan sedekah, dan berbuat baik pada kedua orang tua. Berbuat baik pada orang tua adalah kewajiban setiap anak. Kewajiban ini diperintahkan Allah dan Rasulullah dalam berbagai redaksi ayat Al-Qur’an ataupun hadist Nabi. Bahkan kewajiban berbuat baik pada kedua orang tua, dalam Al-Qu’ran, disebut setelah kewajiban menyembah atau beribadah kepada-Nya.   Dalam Surat An-Nisa ayat 36 disebutkan:  

وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا

Artinya: Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun, dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua (QS an-Nisa: 36).

Kalimat “wa bil walidaini ihsana” ini juga diulang dalam Surat Al-Isra ayat 23 dan Surat Al-An’am ayat 151.   Dalam Surat Al-Isra ayat 23 disebutkan:

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ

Artinya: Dan Tuhanmu memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia, dan hendaklah kamu berbuat baik pada kedua orang tua. 

Sementara dalam Surat Al-An’am ayat 151:  

قُلْ تَعَالَوْا اَتْلُ مَا حَرَّمَ رَبُّكُمْ عَلَيْكُمْ اَلَّا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًاۚ

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline