Lihat ke Halaman Asli

QORIROTHA AIN

Mahasiswa UNISMA 19

Kegiatan Pondok Ramadhan Siswa Sekolah Dasar yang Dilaksanakan Bersama Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3

Diperbarui: 8 Januari 2023   08:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bantur-Kab. Malang, April 2022

Bulan Ramadhan merupakan sebuah moment yang tepat bagi kita untuk memperbanyak amal kebaikan, baik dalam bentuk ibadah langsung kepada Allah SWT maupun kegiatan yang bernilai sosial. Selain sebagai sarana untuk melakukan introspeksi dan performa diri, bulan Ramadhan juga merupakan waktu yang paling tepat untuk lebih meningkatkan kepekaan dan kepedulian terhadap sesama. 

Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 dari Universitas Islam Malang mengadakan kegiatan pondok ramadhan untuk mengisi kegiatan pada saat bulan puasa di sekolah. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang disusun oleh mahasiswa kampus mengajar angkatan 3. Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan nilai-nilai religius dan mengembangkan nilai-nilai karakter pada siswa. 

 Kegiatan pondok ramadhan ini diikuti oleh seluruh siswa SD Negeri 3 Bandungrejo, Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Kegiatan ini, dilaksanakan sesuai jadwal pondok Ramadhan yang telah diberikan oleh kepala sekolah. Hari Senin-Selasa diikuti oleh siswa kelas I-III SD Negeri 3 Bandungrejo, kemudian hari Rabu-Kamis diikuti oleh siswa kelas IV-VI SD Negeri 3 Bandungrejo. 

Kegiatan pondok ramadhan yang diikuti oleh para siswa mulai pagi hingga siang. Para siswa masuk mushola yang ada di sekolah, kemudian mendengarkan ceramah dari guru dan meringkas ceramah tersebut. Selain itu siswa juga melakukan kegiatan praktik sholat subuh bersama. Kegiatan praktik sholat ini bertujuan untuk memberikan contoh kepada para siswa agar dapat salat dengan benar. Setelah kegiatan ceramah dan praktik salat, ketika pulang para siswa diberi tebak-tebakan tentang materi yang sudah diajarkan pada saat kegiatan pondok ramadhan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline