Himpunan Mahasiswa Departemen Teknologi Hasil Perairan (Himasilkan), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), melalui Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) IPB University mengadakan pelatihan pemasaran produk untuk meningkatkan kemampuan dan memperluas jangkauan pasar. Kegiatan berlangsung pada Senin, 29 Juli 2024 di Desa Mekarsari, Bogor, Jawa Barat.
Pelatihan pemasaran produk dihadiri oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Pemasaran produk merupakan tindakan mengenalkan produk yang melibatkan perencanaan dan strategi yang tepat hingga sampai ke konsumen, salah satunya kegiatan promosi dan analisis segmentation targeting positioning (STP).
Promosi produk melalui media sosial menggunakan platform digital sebagai media penjualan dan branding bertujuan untuk menarik konsumen. Novita selaku anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) menyampaikan, “Produk yang dipromosikan di pasaran terkadang rasanya kurang, tapi karena video promosi menarik jadi banyak yang beli.” Ungkap Novita (29/07).
Analisis segmentation targeting positioning (STP) merupakan strategi pemasaran yang digunakan untuk menganalisis pasar dengan mengelompokkan konsumen berdasarkan karakteristik perilaku mereka, serta merencanakan, mengumpulkan, dan mengolah data. Aisyah selaku penanggung jawab sektor pemasaran produk menyampaikan, “Analisis segmentation targeting positioning (STP) perlu diterapkan untuk memfokuskan target pemasaran produk sehingga sesuai dengan kebutuhan konsumen.” Ungkap Aisyah (29/07).
Pelatihan pemasaran produk diharapkan dapat memberikan manfaat dan pengetahuan tentang pentingnya promosi dan analisis pasar, sehingga produk yang dijual tepat sasaran pada konsumen.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H