Lihat ke Halaman Asli

Tim PPK Ormawa Himasilkan IPB University Gelar Pelatihan Pemasaran Digital untuk Perluas Potensi Pasar

Diperbarui: 1 Agustus 2024   18:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Dokumentasi oleh TIM PPK Ormawa Himasilkan IPB 2024

Himpunan Mahasiswa Departemen Teknologi Hasil Perairan (Himasilkan), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), melalui Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) IPB University mengadakan pelatihan pemasaran produk untuk meningkatkan kemampuan dan memperluas jangkauan pasar. Kegiatan berlangsung pada Senin, 29 Juli 2024 di Desa Mekarsari, Bogor, Jawa Barat.

Pelatihan pemasaran produk dihadiri oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Pemasaran produk merupakan tindakan mengenalkan produk yang melibatkan perencanaan dan strategi yang tepat hingga sampai ke konsumen, salah satunya kegiatan promosi dan analisis segmentation targeting positioning (STP).

Sumber : Dokumentasi oleh TIM PPK Ormawa Himasilkan IPB 2024

Promosi produk melalui media sosial menggunakan platform digital sebagai media penjualan dan branding bertujuan untuk menarik konsumen. Novita selaku anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) menyampaikan, “Produk yang dipromosikan di pasaran terkadang rasanya kurang, tapi karena video promosi menarik jadi banyak yang beli.” Ungkap Novita (29/07). 

Analisis segmentation targeting positioning (STP) merupakan strategi pemasaran yang digunakan untuk menganalisis pasar dengan mengelompokkan konsumen berdasarkan karakteristik perilaku mereka, serta merencanakan, mengumpulkan, dan mengolah data. Aisyah selaku penanggung jawab sektor pemasaran produk menyampaikan, “Analisis segmentation targeting positioning (STP) perlu diterapkan untuk memfokuskan target pemasaran produk sehingga sesuai dengan kebutuhan konsumen.” Ungkap Aisyah (29/07).

Pelatihan pemasaran produk diharapkan dapat memberikan manfaat dan pengetahuan tentang pentingnya promosi dan analisis pasar, sehingga produk yang dijual tepat sasaran pada konsumen.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline