Hai kawan, kali ini yang akan kita bahas adalah kerjasama internasional pada bidang ekspor bahan pangan maupun tenaga kerja atau pekerja Indonesia. Di sini akan di bahas dan di jabarkan dengan dilakukanya ekspor ke luar negeri yaitu negara-negara luar negeri dari makanan khas yang ada di Indonesia.
Negara Indonesia memiliki banyak sekali ragam baik pada sumberdaya manusia (SDM), sumberdaya alam (SDA) maupun keragaman ras budaya yang dimiliki. Sumberdaya alam yang melimpah membuat banyak sekali rempah-rempah yang tumbuh di tanah Indonesia. Cita rasa yang dimiliki oleh Makana Khas Indonesia sangat di gandrungi orang-orang luar negeri. Pada sekarang ini sudah banyak makanan Indonesia yang di perjual-belikan di negara-negara asing atau luar negeri, bagi orang Indonesia yang sedang jalan-jalan ke luar negeri ataupun orang Indonesia yang sedang tinggal di luar negeri pasti akan merasa rindu dengan makanan Indonesia yang khas dengan rasa rempah-rempah.
Namun, banyak juga orang asing yang juga rindu dengan masakan Indonesia bagi yang sudah merasakannya. Sangking banyaknya orang-orang asing yang suka dengan makanan Indonesia ini banyak kaum artis dari luar negeri melakukan review makanan Indonesia dalam kontennya yang mengakibatkan banyaknya orang-orang berbondong-bondong melakukan kunjungan pariwisata ke negara Indonesia.
Salah satu contoh negara yang banyak melakukan ekspor makan Indonesia yaitu Korea Selatan. Banyak kaum artis yang menyukai makan Indonesia seperti nasi goreng, sate, rendang, soto, dan yang paling orang luar negeri suka dan di cari yaitu mie goreng. Rasa khas dari mie goreng dan cara memasaknya yang mudah membuat orang Korea Selatan sangat menyukainya.
Dengan terkenalnya makanan Indonesia, negara Indonesia melakukan banyak ekspor barang ke luar negeri berupa makanan kering dan bumbu-bumbu kemasan yang simpel. Sebaliknya juga, pada era globalisasi ini dimana pada era ini terjadi keterkaitan dan ketergantungan antar negara dan manusia di seluruh dunia melalui berbagai bentuk seperti perdagangan, investasi, budaya populer, perjalanan, dan juga bentuk-bentuk yang lainnya.
Salah satu fenomena globalisasi yang marak di Indonesia dalam bentuk interaksi budaya adalah masuknya budaya Korea Selatan, budaya Korea Selatan yang yang masuk ke negara Indonesia ini sangat beragam mulai dari musik, makanan, serial drama, dan film. Bukan hanya memasuki negara Indonesia tapi tetapi budaya Korea ini meluas hingga dunia global. Maraknya budaya Korea Selatan pada tingkat dunia sering di sebut dengan Korean Wave yang kemudian juga merambah pada isu internasional serta globalisasi pada tingkat dunia.
Korean Wave ini sudah masuk ke negara Indonesia sejak 2004 dan hingga saat ini antusiasmenya sangat besar, terutama pada remaja wanita, hal ini mengakibatkan Korean Wave sangat mudah diterima dan berkembang di tengah masyarakat Indonesia. Budaya Korea memiliki pengaruh pengaruh yang kuat pada berbagai aspek kehidupan sehari-hari, mulai dari selera musik, penampilan atau fashion dan makanan.
Maraknya budaya Korean Wave memberikan poin positif bagi negara indonesia, dimana Indonesia akan memanfaatkan trend yang ada dengan cara mengundang artis korea yang sedang hits untuk meningkatkan ekonomi negara indonesia.
Seperti contoh ketika artis Korea yang sangat di gandrungi orang-orang Indonesia menjadi brand ambassador sebuah produk Indonesia maka produk tersebut akan langsung habis terjual dan memiliki banyak keuntungan, contoh yang lainnya ketika dari pihak Indonesia mengadakan sebuah acara musik yaitu konser dengan mendatangkan artis korea selatan yang setang trending maka tiket yang di jual akan terjual habis juga dan dengan harga yang cukup mahal maka keuntungan dari pihak Indonesia sangatlah banyak.
Budaya Korea Selatan memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap aspek kehidupan sehari-hari. Jadi ketika Korean wave ini sedang terjadi negara Indonesia harus pintar-pintar mencari peluang untuk mendapatkan keuntungan negara dalam sektor ekonomi. Ikuti tren yang ada sekarang dan contohlah strategi dalam pemasaran budaya untuk bisa dikenal Masyarakat luas. Sekarang ini negara Indonesia menjadi tempat kunjungan yang banyak di nikmati dan dicari oleh negara luar karena banyaknya artis Korea Selatan yang datang ke Indonesia yang di jadikan tempat wisata, maka dari itu dari sektor pariwisata Indonesia mendapatkan dampak positif dari adanya Korean wave ini. Dan di harapkan dalam sektor pariwisata ini akan semakin berkembang dan memajukan negara Indonesia menjadi negara yang banyak di minati oleh negeri luar.
Dari artikel di atas Korean wave memiliki dampak positif dan negatif, jadi harus pandai memilah-milah apa yang baik untuk ditiru dan tidak baik untuk ditiru seperti cara berpakaian yang minim karena negara Indonesia merupakan negara yang mayoritas beragama Islam yang seharusnya memakai pakaian yang tertutup atau pakaian muslim.