Lihat ke Halaman Asli

Sifat dan Sikap yang Dicerminkan Nabi Muhammad di Era Sekarang

Diperbarui: 7 Mei 2024   20:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kedaulatan  yang Nabi Muhammad SAW sampaikan  hingga saat ini dapat dimaknai dalam konteks keberadaan nilai-nilai dan ajaran yang beliau sampaikan, serta pengaruhnya terhadap pemikiran dan tindakan umat Islam dimasyarakat luas. Meskipun Nabi Muhammad secara fisik meninggalkan dunia lebih dari 1.400 tahun yang lalu, warisan dan ajarannya yang beliau tinggalkan tetap kuat di hati umat Islam dan seringkali lebih dikenal luas oleh masyarakat yang menghargai warisan budaya dan nilai-nilai agama islam. 

Sifat kedaulatan Nabi Muhammad di era kekinian tercermin dalam keberlangsungan dan relevansi nilai-nilai, ajaran, dan contoh yang beliau tinggalkan bagi umat Muslim dan masyarakat luas. Meskipun zaman dan konteks sudah berubah, akan tetapi warisan dan ajaran  beliau tetap menjadi sumber inspirasi dan pedoman bagi banyak kalangan umat islam atau non muslim. 

Dengan sifat nabi yang santun, lemah lembut serta jujur dalam melakukan kegiatan beliau, banyak umat nonmuslis yang masuk islam lantaran mereka penasaran dengan agama islam dan sifat belaiau yang masih melekat di umatnya.

Beberapa sifat kedaulatan nabi yang masih dijalankan oleh umatnya di kehidupan sehari -- hari:

  • Kedaulatan Moral: sifat kedaulatan yang beliau ajarkan yaitu tentang kejujuran dalam berprilaku di masyarakat, kasih sayang tidak hanya manusia tetapi semua makhlud hidup lainya tidak melihat (gender, ras, suku,  atau agama) semua sama dimata beliau, serta toleransi yang tinggi untuk saling menghomati kepercayaan orang lain. Tuhan memang satu tapi kita berhak atas pilihan hidup kita untuk menajadi landasan atau petunjuk hidup kita.
  • Kedaulatan Inspiratif : kisah Nabi Muhammad tetap menjadi sumber inspirasi bagi jutaan orang di seluruh dunia. Kisah perjalanan hidup beliau, ketabahan dalam menghadapi cobaan, dan keberhasilan membangun masyarakat yang inklusif dan beradab menjadi contoh yang menginspirasi untuk diikuti. Proses yang beliau jalankan dimasa beliau hidup bagus untuk para generasi muda untuk tidak gampang menyerah dan putus asa. Lantaran banyak anak muda sekarang yang tidak mampu menahan perihnya suatu proses hidup, tidak tekun menajalani rutinitas untuk keluar dari zona nyaman, untuk tidak mengikuti larang larang atau trend trend yang tidak ada faedahnya (mabok, ngobat, pacaran, dll).
  • Kedaulatan Pendidikan : pendidikan sangat penting untuk kita, ilmu adalah jendela untuk kehidupan yang akan datang, nabi muhammad sangat suka berbagi ilmu yang beliau dapat dari para guru beliau dan dari ilmu yang beliat dapat beliat mengajakrkan kembali untuk umatnya, salah satu pekerjaan yang sangat mulia adalah ibu ( madrasah pertama untuk anak anaknya) serta gutu orang tua ke 2 setelah orang tua kandung kita. Diera teknologi yang saat ini sangat maju dan pesat, sangat mudah untuk mendapatkan informasi kapan saja dan dimana saja, mendapat ilmu  tidak hanya di kelas tetapi bisa dimana aja, tinggal kitanya mau atau ngga menyerap ilmu itu, buang yang buruk ambil yang baik untuk kelangsungan kehidupan kita dimasa yang akan datang.
  • Kedaulatan Kepemimpinan : pada masa beliau memimpin di kota ( mekkah dan madinah)  beliau sangat di sukai oleh pengikutnya, lantaran sifat dan sikap beliau yang bijaksana, kepedulian untuk masyaratnya serta (tidak melihat kasta dan gender), jujur dalam perilaku dan ucapan beliau serta ketegasan beliau dalam membela rakyatnya.  Peilaku dan sifat tersebut sangat bagus untuk anak muda yang ingin memimpin suatu organisasi atau kenegaraan, beliau adalah role model untuk dimasa sekarang, jadilah pemimpin yang cerdas untuk kelangsungan negara atau organisasi yang saat ini kita pimpin. Serta memberikan contoh seorang pemimpin yang bijaksana untuk kabinet kabinet kita.
  • Kedaulatan Terhadap Perempuan: beliau sangat menghormati perempuan, mau itu ibu, istri atau anak. Beliau memberikan kedudukan perempuan itu lebih tinggi dari laki laki, karna surga ada ditelapak kaki para perempua, menurut beliau perempuan adalah wanita yang memiliki hati yang lembut, maka dari itu beliau sangat menyayangi ibu serta istri istri beliau. Sikap yang beliau curahkan untuk para wanita yang beliayu cintai yaitu dengan kelembutan, kasih sayang, sabar, perhatian, pendengar yang baik, serta memberikan opini beliau dengan nada yang lembut supaya lebih bisa di mengerti. Itulah mengapa untuk para laki laki diera sekarang, jadikanlah nabi muhammad sebagai landasan atau role model kalian. Kedudukan laki laki dan perempuan itu sama, tidak ada yang direndahkan atau di kucilkan. Perempuan adalah seorang yang lebih sering memakai perasaanya, sedangkan laki laki lebih sering menggunakan logika, maka dari kedua perbedaan yang saling membeuhtuhkan untuk kehidupan dimasa yang akan datang.

Ajaran yang nabi muhammad ajarkan dan contohkan tidak akan pernah hilang sampai kapan pun, lantaran sudah melakat dan mendarah daging untuk kita umat muslim, tugas kita sekarang adalah mengibarkan ajaran beliau sampai keujung dunia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline