Lihat ke Halaman Asli

Rekomendasi Part Time atau Kerja Paruh Waktu untuk Mahasiswa

Diperbarui: 4 Juli 2024   12:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: JakartaKerja

Sebagai mahasiswa banyak kebutuhan yang perlu dipenuhi. Hal ini banyak menjadi beban pikiran dan tanggungan bagi kaum yang berpenghasilan pas-pasan. Tidak sedikit mahasiswa yang hanya mengandalkan pemasukan dari orangtuanya saja.

Bagi kalian yang ingin agar mendapatkan uang tambahan, berniat untuk meringankan ekonomi pengeluaran orangtua, ada beberapa rekomendasi jenis pekerjaan yang bisa kalian pertimbangkan.

1. Menjadi tutor atau Pengajar privat

bagi kalian yang mampu dan menguasai mata pelajaran yang kalian suka, gunakanlah pengetahuan tersebut untuk dibagikan kepada orang lain, dengan sabar dan hati yang ikhlas ajarilah mereka yang ingin belajar. Ambillah sesuai kelas yang kalian mampu.

2. Pekerja di tempat makan atau jaga stand jualan

bekerja sebagai pelayan, barista, kasir atau membuka stand untuk berjualan adalah contoh pekerjaan yang banyak diambil mahasiswa karena tidak begitu banyak menyita waktu agar masih bisa diseimbangkan dengan waktu kuliah.

3. Freelance

Seperti menulis artikel, desain grafis, menjadi penerjemah adalah pekerjaan yang banyak dilakukan mahasiswa kaena sifatnya fleksibel dan bisa dilakukan menyesuaikan tempat.

4. Pekerja Event

ada event-event yang memberikan layana sewa jasa kepada penyelenggaranya sehingga memberikan komisi bagi mereka yang berpartisipasi membantu acara tersebut. pandai-pandailah kalian mencari informasi lebih detail mengenai acara dan partisipannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline