Lihat ke Halaman Asli

Hikmah Ujian dari Allah SWT

Diperbarui: 11 November 2022   23:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

 Setiap manusia pasti pernah di berikan cobaan oleh Allah SWT. Tiap cobaan yang Allah berikan kepada manusia pasti memiliki tujuan Allah memberikan kita cobaan adalah untuk menaikkan derajat kita atau terkadang Allah juga ingin kita kembali dekat kepada Nya, sehingga kita di berikan ujian atau cobaan. Allah tidak pernah memberikan cobaan di luar batas kemampuan hamba Nya. Tetapi terkadang kita sebagai manusia sering berburuk sangka atas cobaan yang Allah berikan kepada kita.

Dalam beberapa surat al qur'an Allah SWT berfirman:

"Ahasiban naasu anyu yutrakuuu any yaquluu aamannaa wa hum la yuftanuun"

Artinya:

"Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan,"kami telah beriman",dan mereka tidak di uji lagi?"(QS Al-Ankabut:2).

 Dari ayat tersebut kita bisa bisa mengambil hikmah bahwa tidak satupun hamba Allah di dunia ini yang tidak mendapatkan ujian, bahkan seseorang yang selalu beriman kepada Allah pun pasti akan mendapatkan ujian dari Allah yang gunanya untuk melihat seberapa taqwa nya seorang hamba kepada Nya.

Dan perlu dipahami bahwa meskipun Allah SWT memberikan kita ujian, cobaan, dan musibah, tapi ingatlah bahwa Allah SWT sangat menyayangi hamba-Nya, karena semua ujian yang didapatkan itu diberikan sesuai dengan kesanggupan kita. 

Dalam surah Al-Baqarah ayat 286 disebutkan:

"Laa yukalliful-laahu nafsan illaa wus'ahaa; lahaa maa kasabat wa 'alaihaa maktasabat".

Artinya: "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya", (QS Al Baqarah:286).

Dari ayat di atas kita bisa menarik kesimpulan bahwa Allah tidak akan menguji hambanya di luar batas kemampuan hamba Nya. Logika nya seorang murid sd tidak akan mungkin bisa menyelesaikan soal ujian murid SMP. Begitu juga dengan manusia, masing masing kita pasti di berikan ujian atau cobaan yang berbeda beda karena batas  kemampuan setiap manusia itu tidak ada yang sama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline