Lihat ke Halaman Asli

Kebangkitan Nasional, Harus Benar-benar Bangkit

Diperbarui: 25 Juni 2015   05:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Kebangkitan Nasional adalah Masa dimana Bangkitnya Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan Belanda dan Jepang. Masa ini ditandai dengan  peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908). Peristiwa tersebut kemudian diperingati dengan Hari Kebangkitan Nasional per tanggal 20 Mei.

Ditahun ini pun peringatan Hari Kebangkitan Nasional jatuh pada tanggal 20 Mei 2012 tepatnya hari minggu. Sebgai peristiwa sejarah yang harus dikenang. Serta sebagai sarana untuk membangkitkan rasa dan semangat persatuan dan Nasionalisme. Mau tidak mau hari Kebangkitan Nasional harus diperingati.

Memperingati bukan hanya sekedar berdiri bebarap jam di lapangan dengan mengangkat tangan kanan sebagai wujud penghormatan terhadap Merah-Putih. Tidak hanya dengan mendenggarkan amanat Inspektur upacara, kala upacara peringatan dilaksanakan. Akan tetapi bangkit juga dari hati, tidak hanya sekedar ingin dipuji.

Bangkit juga harus tumbuh dari diri sendiri. Lalu dikembangkan dan dikolaborasikan dengan jiwa-jiwa bangkit dari seluruh negeri. agar tercipta kebangkitan nasional yang benar-benar bangkit. tidak hanya sekedar formalitas untuk memperingati.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline