Lihat ke Halaman Asli

QOIS AL CHOIR

KEPALA SEKOLAH DI TK MODERN AL-RIFA'IE

Best Practice PPL Aksi 1,2,3,4

Diperbarui: 10 Desember 2022   15:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

  • SITUASI PPL AKSI 1
  • Situasi yang melatar belakangi penyelesaian masalah 1 pada PPL Aksi 1 adalah sebagai berikut:
  • Rendahnya kemampuan kegiatan menyimak ini sangat lah penting bagi kita untuk memperbaiki, karena kegiatan menyimak merupakan Aspek Perkembangan Bahasa yang penting dan perlu di tingkatkan pada usia TK. Adapun penyebab masalah tersebut adalah:
  • Kurangnya Fokus konsentrasi anak sangat kegiatan menyimak.
  • Teknik bercerita pendidik masih belum bervariasi, seperti intonasi, ekspresi, isi cerita, waktu bercerita yang sesuai dengan karakteristik anak.
  • Strategi dalam kegiatan menyimak yang digunakan pendidik masih belum maksimal.
  • Kegunaan media dalam kegiatan menyimak masih kurang menarik atau monoton.
  • Stimulus dalam kegiatan menyimak seperti dirumah dan disekolah belum maksimal.
  • Selain itu kurangnya penggunaan TPACK dalam kegiatan menyimak.
  • Praktik ini penting untuk dibagikan karena menurut saya sebagian besar guru yang mengalami permasalahan yang sama dalam kegiatan menyimak cerita. Dengan membagikan praktik lapangan ini saya bisa memberikan refensi dan motivasi bagi saya sendiri dan rekan sejawat lain untuk perbaikan kegiatan menyimak cerita dari permasalahan yang dihadapi dan untuk melakukan yang lebih baik lagi dalam hal kegiatan menyimak cerita.
  • Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu saya sebagai guru yang bertanggung jawab dan guru profesional akan melaksanakan kegiatan yang inovatif, kreatif , aman bagi anak, dan bermakna untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru berperan sebagai fasilitator, mediator, motivator, pembimbing dan pengelola harus mampu mengelola kegiatan menyimak cerita sedemikian rupa agar tercapainya tujuan kegiatan tersebut, dari mulai membuat perangkat pembelajaran seperti RPPH, Media, LKPD, bahan ajar dan Instrumen Penilaian. Melaksanakan proses pembelajaran, evaluasi dan merefleksi diri dari hasil pemebelajaran yang akan dilaksanakan.

  • TANTANGAN PPL AKSI 1
  • Setelah diidentifikasi masalah dengan refleksi diri, wawancara guru kelas, teman sejawat, serta para pakar yaitu Dosen PGPAUD Universitas Negeri Malang, maka beberapa tantangan yang terjadi yaitu:
  • Guru yang belum memanfaatkan media disekitarnya dengan baik.
  • Guru masih belum menggunakan teknik bercerita yang inovatif dan kreativ.
  • Strategi guru dalam kegiatan bercerita belum melibatkan anak secara aktif.
  • Guru belum menggunakan TPACK dalam kegiatan bercerita.

Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam mencapai tujuan adalah :

Kepala sekolah sebagai peneliti

Guru sebagai teman sejawat dalam melakukakan kolaborasi

Siswa sebagai individu yang ingin mencapai tujuan pembelajaran

Orangtua sebagai penghubung antara guru dan orangtua dapat bekerjasama dan bersinergi dalam pembelajaran

Adapun tantangan melaksanakan PPL Aksi 1 yaitu:

Pada kegiatan menyimak cerita menggunakan media Ritatoon dengan mengurutkan kepingan media ritatoon. Anak-anak mengambil kepingan seri tersebut kemudian menyusun nya dalam media ritatoon. Pada kegiatan ini ada satu anak yang masih perlu diingatkan saat mengurutkan.

LINK PPL AKSI 1: https://youtu.be/M9zXmePPEWE 

Pada kegiatan menirukan Gerakan meloncat seperti katak. Ada anak yang malu untuk melakukan Gerakan katak meloncat.

Pada kegiatan menempel gambar katak sesuai dengan jenisnya. Perekat dari kepingan katak ada yang lepas, sehingga ada 1 anak yang hanya menaruh kepingan tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline