Lihat ke Halaman Asli

Tips & Trick Windows 7 & Windows 8

Diperbarui: 24 Juni 2015   19:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Hampir semua orang sudah mengenal system operasi besutan windows yaitu windows 7 (dan yang terbaru Windows 8). Tapi, banyak dari kita tidak/belum tahu fitur tersembunyi yang ada di kedua OS windows tersebut.

Berikut bebrapa Fitur tersembunyi yang ada di OS Win 7 & Win 8

1. Windows 7 & Windows 8
Windows Docking
Fitur dock windows adalah fitur untuk menggeser, mengecilkan, dan menampilkan jendela dalam ukuran penuh. Untuk melakukan Dock windows Anda bisa menekan tombol cepat/perintah shortcut berikut ini:


  • Tekan tombol logo windows+panah kiri atau logo windows+panah kanan untuk menggeser
  • Tekan tombol logo windows+panah atas untuk maximize dan logo windows+panah bawah untuk restore
  • Tekan tombol logo windows+shift+panah atas agar jendela ke posisi maximize dan logo windows+shift+panah bawah untuk merestore


Mengontrol Aplikasi Taskbar
Anda bisa dengan mudah mengontrol aplikasi pada task bar dengan menekan tombol logo windows+T kemudian geserlah dengan anak panah, ke kiri atau kanan untuk memilih (membuka aplikasi) tekan enter dan untuk menghilangkan fokus, tekan Esc

Membuat pin Folder ke Fitur Explorer Jumplist
JIka Anda ingin mengakses folder yang ada di explorer secara cepat, Anda cukup mendrag folder yang Anda inginkan ke arah taskbar.

Berpindah ke jendela aktif yang terbuka (switching)
Secara manual Anda harus menyorot ke windows aktif dan mengekliknya, namun Ada tombol cepat yang bisa Anda gunakan yaitu menekan tombol logo windows+1, atau logo windows+2,3,4 ..dst (sesuai urutan aplikasi yang ada di status bar)

Meminimize semua jendela folder yang tidak aktif
Cara cepat untuk meminimize ketika Anda membuka banyak folder dalam windows yang berbeda adalah dengan mengklik title bar pada windows tersebut kemudian mengguncangkannya, maka otomatis windows tersebut akan terminimize atau dengan shortcut Logo windows+Home
Kalkulator
Fitur Calculator pada windows 7 & windows 8 bagi sebagian orang mungkin belum banyak yang tahu dan menganggapnya sederhana, padahal calculator pada win 7 & win 8 mempunyai banyak fungsi, mulai dari scientific,programming worksheet dll. Anda bisa mengubahnya melalui view
Display Projection
Saat melakukan presentasi dengan proyektor Anda bisa melakukan pengaturan mode proyektor dengan aplikasi Windows Mobility Center. Untuk membukanya Anda cukup menekan logo windows+X (pada windows 7) kemudian untuk mengatur mode proyektor tekan logo windows+P (windows 8 fitur ini dapat diaktifkan cukup dengan menekan tombol windows logo+P)
2. Windows 7

Inbuilt Screen Recorder
Windows 7 sebenarnya memiliki fitur perekam aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya, mulai dari arah kursor, dan semua aktivitas yang sedang dijalankan. Anda bisa merekamnya dengan mengaktifkan melalui menu start kemudian ketikan "problem steps recorder" maka akan muncul aplikasi perekam screenshot. Anda bisa mulai merekam dengan meklik tombol start dan mengakhiri dengan tombol stop. Screenshot yang terambil akan tersimpan sebagai MHTML dan folder penyimpanan bisa diseting sesuai keinginan Anda.
Virtual Drive

Fungsi virtual drive adalah menggantikan fungsi cdrom/dvdrom agar tidak berlebihan dalam pemakaiannya dan juga bisa dijadikan alternatif untuk backup cd/dvd, lebih aman dan kecil resiko rusak maupun hilang bahkan lebih rapih. Pada windows 7 sudah tersedia fitur virtual drive tanpa harus memasang aplikasi pihak ketiga seperti daemon tools ataupun alcohol.
Untuk memulai membuat sebuah virtual drive di windows 7, kita dapat memulai dengan klik kanan pada Computer dan pilih Manage atau bisa juga dengan mengetikkan diskmgmt.msc pada kotak pencarian (Search) yang ada di Start Menu. Selanjutnya, akan terbuka sebuah jendela baru Computer Management. Klik Action dan kemudian klik Create VHD.
Pilih direktori dimana anda ingin menyimpan file .VHD yang akan menyimpan virtual hard disk drive anda dan tentukan besarnya kapasits file dari hard disk virtual. Lakukan konfigurasi lainnya seperti pemilihan kapasitas virtual hard disk dynamic (kapasitas dapat berubah secara otomatis sesuai dengan isi di dalam hard disk virtual) atau fixed (kapasitas tetap dan tidak bisa berubah secara otomatis). Di Mennu disk management akan terlihat berapa kapasitas yang bisa dipakai sebagai virtual drive.
Sebelum bisa dipakai/digunakan, klik kanan pada virtual drive yang baru dibuat tadi di disk management lalu pilih Initilize disk, lalu pilih Master Boot Record pada kotak initialize disk lalu klik OK. Setelah selesai initiasi disk, langkah selanjutnya adalah membuat volume virtual dengan cara klik kanan pada Unallocated Space dan pilih New Simple Volume.Akan keluar jendela baru, The New Simple Volume Wizard. Ikuti step-by-step langkah tersebut.Tentukan kapasitas ruang hardisk yang akan dipakai untuk virtual disk, pilih format disk yang akan dipakai, apakah menggunakan FAT, FAT32 atau NTFS. Beri tanda pada Perform Quick Format dan beri nama pada disk tersebut. Sekarang anda dapat melihat virtual hard disk drive tadi di My Computer maupun di Computer Management.
3. Windows 8
Hidden Start Menu
Arahkan pointer mouse ke sudut kiri bawah layar, Layar Start menu akan muncul, lalu klik kanan pada mouse.
Akan menmuncul sebuah menu yang memuat akses ke sejumlah area penting seperti pada Start Menu yang lama, termasuk Control Panel, Command Prompt, dan Task Manager.
Virtual Drive
Pada Windows 8 sudah tersedia fitur virtual drive secara native, sehingga lebih mudah menggunakannya tanpa harus melakukan konfigurasi seperti di windows 7, cukup klik kanan pada file image (*.iso, *.nrg) kita bisa langsung melakukan mounting ke virtual drive yang akan otomatis dibuat oleh windows
Itulah beberapa fungsi shortcut yang mungkin belum Anda ketahui yang bisa digunakan untuk mempercepat kerja pada windows 7 dan windows 8




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline