Lihat ke Halaman Asli

Qizza Salsabila

Mahasiswa S1 Gizi di Universitas Airlangga

Ghozali Everyday Raup Untung Milyaran Rupiah Lewat Penjualan Foto Selfi di NFT

Diperbarui: 15 Januari 2022   13:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dari website OpenSea Ghozali Everyday

Sedang viral saat ini mengenai ratusan foto selfi di depan komputer yang terjual hingga meraup untung milyaran rupiah di NFT OpenSea.

NFT sendiri merupakan aset digital yang berbentuk karya seni maupun barang koleksi yang bisa dipergunakan untuk membeli sesuatu secara virtual. Disebut juga token kriptografi yang mewakili suatu barang yang dianggap unik. Melalui aset digital ini, para seniman bisa memanfaatkannya untuk menjadikan karyanya sebagai aset NFT. Sedangkan OpenSea merupakan laman website NFT, guna transaksi jual belinya.

Seseorang yang viral tersebut adalah pria asal Semarang yang bernama Sultan Gustaf Al Ghozali yang menjual foto selfinya di website terbesar NFT yaitu OpenSea dengan nama Ghozali Everyday. Terdapat 933 item foto selfi dirinya yang ia jual di OpenSea. Tak disangka, foto selfi tersebut terjual banyak dan hingga banyak peminatnya membeli dengan harga puluhan juta.

Dari website OpenSea Ghozali Everyday

Foto selfi di depan komputer yang ia unggah di website OpenSea yaitu foto selfi dari tahun 2017 hingga tahun 2021 kemarin. Tujuan awal mengunggah foto-foto selfi tersebut hanya iseng belaka. 

Ghozali memasang harga yang paling rendah yaitu 0,001 ETH yang setara dengan 46 ribu rupiah dan sekarang satu foto selfi Ghozali bisa mencapai harga jutaan hingga puluhan juta. Dan sekarang ini Ghozali mendapatkan keuntungan 1,5 milyar rupiah dari foto selfinya tersebut.

Dikutip dari kumparanTech, "Tujuannya itu sudah dibuat, sekalian tak upload di NFT kali saja lucu. Aku mikirnya kaya lucu juga kalau salah satu kolektor ada yang punya muka saya. Lalu upload akhir-akhir Desember ini, cuma baru berani promosi 4 hari yang lalu."

- Ghozali Everyday -

Koleksi yang berisikan 933 foto selfie Ghozali di depan komputer itu turut dibeli beberapa pesohor Indonesia, termasuk Chef Arnold.

"Aku sangkanya si enggak ada yang beli, makanya harganya saya patok awal di 3 dolar AS, memang sengaja biar enggak ada yang beli. Tapi dipromosiin oleh komunitas NFT Indonesia. Terus orang luar jadi ikutan beli, bahkan Chef Arnold juga beli. Belinya bahkan sampe 25 gitu. Itu foto wajah saya," ucapnya sambil tertawa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline