Lihat ke Halaman Asli

Jonathan Latu

Banser NU

Mbah Moen dan "Wake Up Call" untuk Mencintai Indonesia

Diperbarui: 6 Agustus 2019   16:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Mautul 'Alim Mautul 'Alam...

Putera Bangsa terbaik, saksi sejarah lahirnya Indonesia dan juga seorang Ulama Masyur yang sangat lembut telah "kondur" kepada Gusti Allah SWT. Hari ini 6 Agustus 2019 Syaikhuna KH Maimoen Zubair atau yang akrab dipanggil Mbah Moen telah beristirahat dan menuju Surga bersama Kanjeng Nabi Muhammad SAW pada saat ibadah Haji di Makkah Al Mukkaromah.

Kondurnya Mbah Moen merupakan duka yang sangat mendalam bukan hanya bagi Santri ataupun Nahdliyin, tetapi juga Bangsa Indonesia secara umum. Mbah Moen merupakan Ulama Nahdlatul Ulama yang dakwah dan lakunya hanya untuk keutuhan Indonesia sebagai Negara yang beliau jaga karena merupakan warisan dari para Ulama pendahulu. 

Bagi Mbah Moen, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 45 (kemudian oleh beliau disingkat PBNU) adalah 4 pilar yang wajib dipertahankan sampai kapanpun dan dari apapun. Mbah Moen selalu menegaskan dalam setiap tausyiah yang beliau isi, 4 pilar yang disingkat PBNU tersebut harus dipertahankan untuk apapun resikonya, keutuhan Indonesia adalah taruhannya.

Mbah Moen, Ulama lintas generasi menceritakan dalam sebuah tausyiah bahwa pada waktu beliau nyantri di Tambak Beras Jombang, di Pondok yang diasuh oleh Muassis Nahdlatul Ulama yaitu KH Wahab Hasbullah tentang sebuah syiir (lagu) yang dikenal dengan "Yaa Lal Wathon". 

Lagu tersebut melekat di sanubari Mbah Moen dimana lirik lagunya tentang sebuah sikap "Hubbul Wathon Minal Iman" yang artinya: Mencintai Tanah Air adalah bagian dari Iman.

Mbah Moen muda adalah seorang Santri pejuang, saksi sejarah bagaimana Pesantren menjadi pusat pergerakan anti penjajahan yang pada setiap kesempatan syiir Yaa Lal Wathon dinyanyikan oleh para Santri dan penjajah saat itu tidak tahu bahwa sedang ada pemusatan konsentrasi perlawanan. Mbah Moen menceritakan bahwa Yaa Lal Wathon adalah syiir perjuangan untuk melawan penjajah dan oleh penjajah dipikir itu sebuah Shalawat.


Yaa Lal Wathon juga yang mengiringi peristiwa besar Resolusi Jihad Hadratus Syekh Hasyim Asy'ari yang melahirkan peristiwa 10 November Surabaya. Dimana para Santri, Laskar dan Rakyat melakukan perlawanan atas datangnya Belanda yang membonceng Sekutu karena ingin menjajah Indonesia lagi.

Pada akhir tahun 2012, disaat kondisi Negeri ini sedang tidak karuan dengan meningkatnya sentimen keagamaan yang dipolitisasi, sejarah membuktikan kebesaran karomah Mbah Moen atas sebuah syiir yang pada masa kecilnya bahkan sampai detik ini tidak pernah lupa. 

Sahabat Nusron Wahid dan Gus Yaqut (Ketua Umum GP Ansor saat ini) saat itu sowan kepada Mbah Moen dan diberikan Ijazah syiir Yaa lal Wathon, dimana Mbah Moen tidak sembarangan memberikan Ijazah pasti ada hal yang harus diamalkan, bil khusus untuk Kader Ansor dan tentu saja untuk Nahdliyin untuk membangkitkan semangat. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline