Lihat ke Halaman Asli

Qisthy Anjani

Mahasiswa

Jawab Keresahan Warga, Kepala Desa Sukapura Terjun Langsung Membersihkan Tumpukan Sampah

Diperbarui: 29 Oktober 2022   17:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bandung - Tepat hari Minggu, (23/10/2022) Kepala Desa Sukapura Bapak Ganjar Sukmawibawa beserta jajaran desa menggerakan seluruh warga RT 04 untuk melakukan operasi pembersihan sampah dan pelestarian pertumbuhan pohon di sekitar sawah warga yang berdekatan dengan TPU (Tempat Pemakaman Umum) daerah di Mengger Hilir.

Berangkat dari keresahan warga sekitar terkait dengan tumpukan sampah yang nyaris menggunung bahkan merambah ke sawah yang sedang dalam tahap siap panen, Kepala Desa serta jajaranya terjun langsung untuk membersihkan sampah agar terlihat bersih dan teteap melestarikan pepohonan yang tumbuh di sekitarnya.

Selain itu, bau busuk yang kian hari kian bertambah buruk begitu mengganggu penciuman dari warga sekitar yang jarak rumahnya tak jauh dari kawasan tumpukan sampah. Di tambah dengan hujan yang terus mengguyur, baketeri berkembang biak lebih cepat dan pembusukan terjadi di mana-mana karena campuran sampah rumah tangga hingga limbah peternakan semua berkumpul menjadi sarangnya penyakit.

"Ini lingkungan kita, rumah kita, tempat tinggal kita. Kita harus jaga dengan baik, rawat dengan rapih, karena ini dari kita, oleh kita, dan untuk kita," ucap Kades Ganjar.

Ganjar Sukmawibawa juga menambahkan, setelah lahan kosong yang warga jadikan tempat pembuangan sampah ini bersih, rencana untuk mengadakan reboisasi akan segera menjadi bahan perbincangan. Merubah total lahan yang berada dekat dengan Tempat Pemakaman Umum dari tumpukan sampah bau dan kotor menjadi hamparan tanaman yang nantinya akan menjadi pohon-pohon penambah oksigen.

Warga berharap, dengan turunnya Kepala Desa secara langsung untuk merealisasikan keresahan warga selama ini akan menjadi titik balik dari kebersihan dan ketertiban yang selama ini selalu dianggap sepele oleh berbagai kalangan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline