Lihat ke Halaman Asli

Diet Sehat Anak Kos Tanpa Bikin Kantong Bolong

Diperbarui: 2 Juni 2021   15:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: Pixabay/the5th

Banyak yang sering bertanya bagaimana diet sehat anak kos yang menyenangkan, nggak menyiksa, dan tentunya nggak bikin kantong jebol. Seperti yang kita tahu anak kos yang jauh dari orang tua, harus mengatur keuangan, dan memiliki kendala waktu untuk bisa mengatur pola makan yang sehat. Nah, hal-hal tersebut yang terkadan menjadi kendala bagi anak kos yang ingin mulai hidup sehat. Tenang, pola makan sehat itu murah kok.

Apalagi dengan kegiatan yang padat, anak kos justru membutuhkan makanan yang bernutrisi agar tetap sehat. Untuk itu diet sehat berikut ini bisa kamu coba untuk kamu yang mulai ingin hidup lebih sehat. Yuk, disimak apa saja tips diet sehatnya!

Biasakan sarapan

Dikarenakan jadwal kuliah dan aktivitas lainnya yang padat membuat anak kos lupa waktu makan. Sarapan jadi salah satu kegiatan yang sering dilupakan. Di antara kamu pasti banyak yang menggabungkan waktu sarapan dengan makan siang. Padahal sarapan pagi itu penting banget loh! 

Perut harus diisi agar kamu bisa lebih fokus dan memiliki tenaga untuk memulai aktivitas. Jika kamu skip sarapan biasanya itu akan membuat berat badanmu jadi lebih cepat naik. Hal ini dikarenakan ketika makan siang kamu akan cenderung makan lebih banyak dan tidak terkendali. Yuk, mulai sekarang diet sehat dimulai dari membiasakan sarapan.

Membaca camilan yang sehat

Agar di sela-sela aktivitas kamu tidak kelaparan, kamu bisa menyiapkan camilan sehat untuk dimakan. Kalau mungkin biasanya kamu membeli jajanan di kantin, mulai sekarang biasakan untuk membawa camilan dan menyiapkannya sendiri.

Kamu bisa loh membawa bekal buah-buahan yang sudah kamu potong sendiri. Tentu saja ini tidak hanya akan membuat kamu lebih kenyang tapi juga banyak mengandung serat, dan berbagai kandungan gizi lainnya.

Baca Juga: Makanan yang Boleh Dimakan Saat Diet

Minum air putih

Nah, yang satu ini juga jangan sampai lewatkan ya! Mulai sekarang biasakan untuk sering minum air putih saja. Jika biasanya kamu lebih sering minum-minuman yang manis, kini saatnya ganti dengan air putih. Ini bisa membantu diet sehat kamu jadi lebih maksimal. 

Mulai sekarang rutin membawa botol minum yang diisi air putih ke mana pun kamu pergi. Diet sehat anak kos ini sangat murah sekali, kan?

Baca Juga: Berdiet Tak Bisa Sembarangan!

Menghindari makanan cepat saji

Cobalah untuk mengurangi makanna cepat saji untuk dikonsumsi sehari-hari. Rencana diet sehat kamu bisa berantakan jika terus menerus mengonsumsi makanan cepat saji. Coba ganti dengan menu yang lebih sehat seperti salad, gado-gado, atau sayuran yang kamu sukai. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline