Lihat ke Halaman Asli

Darurat Sampah Plastik! Begini Cara Sederhana yang Bisa Kita Lakukan untuk Merawatnya!

Diperbarui: 26 Mei 2021   09:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia darurat sampah plastik, inilah cara untuk merawat bumi tercinta (Source: Zahrapedia)

Plastik selalu menjadi permasalahan utama dalam hal pencemaran lingkungan baik itu di laut atau pun di tanah. Apalagi faktanya Indonesia menduduki peringkat ke-2 sebagai penyumbang sampah plastik ke laut. Tidak heran jika ternyata rata-rata per orang bisa menghabiskan 700 lembar kantong plastik per tahunnya. Padahal dibutuhkan waktu 50-100 tahun untuk bisa mengurai sampah plastik dengan sempurna. Wah, bisa dibayangin nggak sih kalau semakin banyak sampah yang tertumpuk dibutuhkan waktu berapa lama untuk bisa terurai.

Padahal seperti yang kita tahu jika dampak dari pencemaran sampah plastik bukan lagi omong kosong. Kita bisa lihat beberapa contoh kasus dari dampak pencemaran sampah plastik seperti seekor paus yang mati dan ditemukan banyak sampah plastik di dalam perutnya. Tentu saja hal tersebut membuat miris karena ternyata dampaknya sudah begitu mengkhawatirkan. Jika hal ini tidak cepat ditangani maka bukan tidak mungkin akan lebih banyak lagi dampak buruk dari efek pencemaran sampah plastik.

Nah, lalu sekarang pertanyaannya adalah bagaimana sih cara untuk kita turut berkontribusi merawat dan menjaga kelestarian bumi kita tercinta ini? Sekecil apa pun hal yang Anda lakukan untuk ikut menjaga bumi itu sangat berharga loh!

Baca Juga: Bahaya Sampah Plastik

Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa ikut berkontribusi menjaga dan merawat bumi. Yuk, terapin mulai sekarang!

  • Kurangi pembelanjaan kantong plastik belanja

Nah, buat kamu yang suka belanja di supermartket biasakan untuk tidak lagi menggunakan kantong plastik untuk membawa barang belanjaan. Bawa sendiri tas dari rumah untuk membawa barang belanjaan.

Untuk itu buatlah dulu daftar belanjaan yang ingin kamu beli agar kamu pun bisa memperkirakan tas belanjaan yang akan dibawa. Membuat list belanja akan membuat kamu jadi lebih hemat juga karena tidak tergoda membeli barang yang tidak perlu.

Hal sederhana ini jika dilakukan rutin dan banyak orang yang melakukannya akan mengurangi sampah plastik. Yuk, mulai dari sekarang!

  • Bawa Tempat Makan dari Rumah

Jika sedang beli makanan misalnya di warteg, lebih baik gunakan tempat makan sendiri dibandingkan harus menggunakan plastik. Tinggal serahkan kotak nasimu dan isi dengan menu kesukaanmu. Gampang, kan?

Hal-hal sederhana seperti ini memang kelihatannya sepele tapi jika dilakukan rutin dan bisa mengajak orang-orang di sekitar untuk melakukan hal yang sama maka dampaknya akan besar juga. Mulai dari diri sendiri sebelum bisa mengajak yang lain juga ikut tergerak.

  • Gunakan Tumblr Milik Sendiri

Jika kamu menggunakan tumblr atau tempat minum yang dibawa sendiri maka kamu turut mencegah timbunan botol plastik agar tidak semakin banyak. Selain itu kamu juga bisa lebih menghemat untuk tidak membeli minuman kemasan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline