Lihat ke Halaman Asli

PMM Mitra Dosen Kelompok 210: Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline

Diperbarui: 14 November 2022   06:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Seiring dengan perkembangan zaman dan ilmu, hampir semua bidang kehidupan berkembang/ terjadi kemajuan pada aspek teknologinya. Di dunia pendidikan, agar pembelajaran dirasa tidak menjadi membosankan guru dituntut untuk perlu melakukan inovasi pembelajaran yang terutama adalah ketika menyampaikan materi diharapkan siswa bisa memahami dan tertarik untuk belajar lebih dalam terkait materi yang disampaikan guru tersebut. Dalam hal teknologi yang saat ini semakin berkembang tentunya hal ini dapat membantu guru dalam pembuatan media pembelajaran. Supaya tidak ketinggalan zaman, guru juga harus dapat berpikir serta bertindak cerdas dalam hal kesesuaian materi dan media pembelajaran yang ingin digunakan. Oleh sebab itu guru diharuskan untuk menguasai banyak media pembelajaran.

Dalam proses pembelajaran, teknologi seperti komputer adalah alat dalam multimedia dan jaringan web terluas di dunia yang sangat besar pengaruhnya terhadap peserta didik. Program multimedia interaksi merupakan salah satu media yang terdiri dari teks, grafik, foto, video, animasi dan musik. Salah satu media pembelajaran interaktif yang mudah digunakan adalah Articulate Storyline.

Articulate Storyline adalah sebuah perangkat lunak yang dalam proses penggunaannya dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi mirip seperti Microsoft Power Point. Articulate Storyline ini juga dapat dikatakan sebagai perangkat lunak yang menggabungkan teks, gamba, video, animasi dan suara sehingga dapat memberikan bentuk penyajian visual yang sangat menarik. Dan dalam Software ini terdapat fitur seperti timelin, movie, picture, character dll yang tentunya mudah juga untuk digunakan.

dokpri

PMM Mitra Dosen kelompok 210 yang lokasi sasarannya adalah MA Muhammadiyah 1 Plus Malang, sebagai program kerja utamanya adalah melakukan pelatihan perancangan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Articulate Storyline. Dalam hal teori dan praktik dalam pelatihan ini disampaikan oleh Dosen Universitas Muhammadiyah Malang sebagai salah satu bentuk kerja sama dengan sekolah sasaran. Dosen tersebut adalah Ibu Rose Fitria Lutfiana, M.Pd selaku dosen PPKn UMM sekaligus dosen mitra dari pelaksanaan PMM kelompok 210, dan pemateri kedua adalah bapak Candra Rahma Wijaya Saputra, SS., Mpd., M.A. Dan pelatihan ini diikuti oleh beberapa guru yang sudah terpilih untuk mengikuti pelatihan perancangan media pembelajaran tersebut.

dokpri

Pelatihan ini telah terlaksana pada Jumat, 11 November 2022 diruang laboratorium komputer MA Muhammadiyah 1 Malang, dan dapat dikatakan berjalan dengan baik hingga akhir dan nantinya guru-guru yang mengikuti pelatihan tersebut diminta untuk memberikan produk akhir atau hasil dari adanya pelatihan perancangan media pembelajaran tersebut. Dengan adanya pelatihan perancangan ini, diharapkan guru di MA Muhammadiyah 1 Malang dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan media pembelajaran interaktif dengan aplikasi terbaru yang sedang hangat dibicarakan Articulate Storyline, dan harapan kedepannya antara Universitas Muhammadiyah Malang dengan MA Muhammadiyah 1 Malang dapat terus bekerja sama dan terjalin hubungan yang baik demi menyongsong pendidikan ke arah yang lebih baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline