Lihat ke Halaman Asli

Qanita Zahira Muhar Arifin

Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur

Menilik Proyek Conveyor di PT Mitrasukses Engineering Indonesia

Diperbarui: 23 Oktober 2023   10:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Pribadi

PT Mitrasukses Engineering Indonesia (MEI) memiliki banyak proyek yang sedang berjalan saat ini (23/10/23), salah satunya yaitu conveyor. Mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur turut ikut serta dalam proses pengawasan jadwal, pembubutan part, dan dokumentasi proyek tersebut. Lantas apa itu conveyor?

Menurut Suryadi (2023), conveyor merupakan suatu sistem mekanik yang memiliki fungsi memindahkan muatan dari satu tempat ke tempat yang diinginkan. Motor penggerak yang biasa digunakan untuk conveyor adalah motor listrik, drum motor, dan gaya gravitasi. Pemilihan penggerak conveyor biasanya ditentukan oleh beberapa factor seperti massa produk dan target output produk yang melintasi conveyor tersebut. Conveyor yang diproduksi PT MEI kali ini adalah weighing conveyor, picking conveyor, dan rejecting conveyor.

Weighing conveyor ialah salah satu jenis conveyor yang memiliki fungsi untuk menimbang suatu produk yang melintas pada conveyor tersebut. Prinsip kerja dari weighing conveyor adalah produk yang melintasi weighing conveyor akan melewati sensor load cell, yang gunanya untuk menimbang massa dari produk tersebut. Apabila massa dari produk sesuai dengan standar maka, produk dapat lanjut ke picking conveyor. Apabila massa produk tidak sesuai dengan standar maka, produk tetap lanjut ke picking conveyor kemudian dipindahkan ke rejecting conveyor menggunakan bantuan lengan robot.

Picking conveyor adalah suatu conveyor yang berfungsi untuk memindahkan produk yang sudah melalui weighing conveyor menuju pallet atau menuju rejecting conveyor menggunakan bantuan lengan robot yang memiliki grab pengambil produk. Prinsip kerja dari picking conveyor adalah produk yang sudah melintasi weighing conveyor akan dipindahkan menggunakan bantuan lengan robot yang memiliki grab pengambil produk menuju pallet apabila massa karton sesuai dengan standar. Kemudian apabila massa karton tidak sesuai standar maka produk dipindahkan menuju rejecting conveyor untuk dilakukan penambahan atau pengurangan isi pada produk tersebut agar massa pada produk sesuai dengan standar.

Sedangkan, rejecting conveyor merupakan salah satu jenis conveyor yang digunakan untuk melakukan proses reject pada produk yang memiliki massa tidak sesuai. Prinsip kerja rejecting conveyor adalah produk yang sudah melalui weighing dan picking conveyor tetapi memiliki massa yang tidak sesuai dengan standar maka dipindahkan menuju rejecting conveyor menggunakan bantuan lengan robot yang memiliki grab pengambil produk. Kemudian produk akan dibawa kembali menuju area pengemasan untuk dilakukan penambahan atau pengurangan produk agar sesuai dengan standar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline