Lihat ke Halaman Asli

Qaidul Muttaqin

Pengen jadi horang kaya

Seberapa Penting SGIE bagi Indonesia?

Diperbarui: 27 Desember 2023   13:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.freepik.com/

Indonesia merupakan Negara dengan penduduk muslim terbanyak didunia. Menurut data  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada tahun 2022, penduduk Indonesia mencapai 277,75 juta jiwa dimana sekitar 87,02% atau 273,32 juta penduduknya beragama islam. 

Dari data tersebut, dimana umat islam menjadi agama mayoritas yang dianut oleh masyarakat Indonesia menjadikan kebutuhan akan produk halal sangat besar. 

Saat ini, istilah halal bukan hanya merujuk pada segala hal yang diperbolehkan oleh syariat islam, tetapi juga telah menjadi gaya hidup dan preferensi bagi masyaralat muslim di seluruh dunia, terutama di Indonesia.

Oleh karena itu, industri produk halal saat ini menawarkan peluang baru untuk pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Dianggap sebagai peluang baru, karena tidak hanya Negara-negara dengn mayoritas muslim saja akan tetapi Negara dengan minoritas muslim pun juga mengambil bagian dari industri halal . 

Oleh karena itu, pemerintah Indonesia juga berusaha untuk mengembangkan industri halal untuk mendorong pertumbuhan industri halal dalam negeri. 

Karena Indonesia sebagian orang yang religius, maka religulitas memengaruhi cara seseorang hidup, membuat keputusan, makan dan bergaul dengan orang lain.

Pemerintah Indonesia perlu melakukan peningkatan pada industri halal Indonesia, mengingat peringkat SGIE kita berada pada urutan keempat. 

Perlu diketahui, SGIE atau State of the Global Islamic Economy merupakan laporan keadaan ekonomi dan keuangan dunia yang berdasarkan syariah islam yang dikeluarkan oleh DinarStandart di Dubai, UEA. 

Penilaiannya berdasarkan berbagai sektor, diantaranya ekonomi, keuangan, investasi, perdagangan dan industri seperti makanan, kosmetik, dan farmasi. 

Dalam laporan tahun 2022, pada sektor Islamic finance, Indonesia menempati uruan ke 6, kemudian dalam sektor halal food, Indonesia berada pada posisi ke 2 serta pada sektor modest fashion berada pada urutan ke 3. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline