Lihat ke Halaman Asli

Qabila DZ

Abdi, yang terus belajar menjadi manusia.

Membuat ''Goals Checklist'' di Tahun Baru

Diperbarui: 2 Januari 2018   17:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Bagi sebagian orang, pergantian tahun alias tahun baru sering dijadikan momen untuk memulai hal-hal baru. Tapi masih ada sebagian orang yang bertanya, "emang harus ya bikin resolusi tahun baru?" "emang penting ya checklist goal tahunan?".

Dulu, saya termasuk yang menganggap remeh soal resolusi tahun baru. Sampai ada seorang sahabat saya yang terbiasa membuat daftar target tahunan, dan mengajak saya untuk mencoba membuatnya juga. Dan setelah beberapa kali tahun baru saya lewati, saya merasakan efek yang cuku positif untuk pengembangan diri. Apa aja sih, faedahnya? Kenapa sih harus bikin goals checklist di tahun baru?

  • Membakar semangat untuk memulai
    Menuliskan goals membuat kita mengingat mimpi-mimpi yang mungkin belum terwujud selama ini. Mulai dari hal-hal yang mengarah ke cita-cita, hal-hal yang ingin dilakukan, barang-barang yang ingin dimiliki,  sampai target berat badan, tanpa sadar terlupakan dengan kesibukan sehari-hari. Dengan membuat goals checklist setahun kedepan, kita akan merasa bersemangat untuk mulai merelaisasikan target-target tadi, dengan target waktu satu tahun kedepan!

  • Pengingat saat jenuh menjalani rutinitas
    Seiring berjalannya tahun, kita bakal kembali tenggelam dalam rutinitas.  Tapi, bakal ada titik dimana kita jenuh dan lelah menjalani kesibukan sehari-hari, dan bikin diri merasa nggak semangat melakukan apapun. Di saat-saat seperti itu, kembali membuka checklist target akan mengingatkan kita pada target-target yang ingin kita capai di tahun ini. Dengan daftar goal yang pernah dibuat, kita akan kembali ingat apa saja yang ingin dicapai tahun ini dan menimbulkan percikan-percikan semangat lagi.  Bahkan tanpa sadar, akan ada beberapa target yang sudah  berhasil dicapai dan sudah bisa kamu beri tanda check di sampingnya. Sisa waktu yang ada hingga akhir tahun juga bakal memicu kita untuk segera menuntaskan checklist tadi!

  • Bahan evaluasi
    Tanpa terasa, setahun akan berlalu. Di akhir tahun, saatnya membuka kembali goals checklist yang telah dibuat dan menandai hal-hal yang sudah berhasil kita lakukan. Dengan melihat checklist tadi, kita bisa mengingat kembali setahun kemarin apa saja yang sudah kita lakukan, dan mengingat apa saja kesalahan-kesalahan yang kita lakukan, dan belajar dari kesalahan itu  agak tidak terulang lagi di tahun mendatang. Kita juga bisa mengevaluasi apakah rutinitas yang kita lakukan selama setahun kemarin, mengarahkan kita pada goal dan cita-cita. Kalu bukan, saatnya membuat rutinitas baru!

  • Apresiasi diri atas apa yg telah kita lakukan
    Saat telah selesai menandai goals checklist,  pertanyaan "tahun ini saya ngapain aja sih, perasaan nggak ngapa-ngapain" bakal berubah jadi "wah, ternyata tahun ini saya sudah melakukan ini!" saat melihat banyak goal-goal kamu yang sudah tercapai. Kamu pun akan bangga dengan pencapaianmu dan menjadi lebih termotivasi untuk mencapai lebih banyak target di tahun mendatang.

Selamat mulai membuat goals checklist!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline