Lihat ke Halaman Asli

Putri Wulandari

TERVERIFIKASI

random

Bikin Makin Percaya Diri, 3 Drama Korea tentang Standar Kecantikan Ini Wajib Ditonton

Diperbarui: 15 April 2023   14:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

drama korea Shadow Beauty (sumber: Harapan Rakyat)

Film atau serial menjadi salah satu jenis media masa yang mencerminkan fenomena serta identitas masyarakat. Hal ini juga berlaku pada drama korea. Saat kita menonton suatu drama korea, kita bisa dengan mudah mengetahui identitas masyarakat. Salah satunya adalah soal standar kecantikan.

Secara sederhana, standar kecantikan adalah suatu kriteria kecantikan yang terbentuk di masyarakat berdasarkan konstruksi sosial dan budaya. Biasanya, standar kecantikan ini semakin mengakar dan menjadi suatu pegangan karena disebarkan melalui berbagai sosial media. 

Dilansir Liputan6, ada beberapa standar kecantikan Korea Selatan yang bisa kita simpulkan dari berbagai media. Mulai dari orang-orang memiliki hidung mancung, ramping, serta sedikit runcing. Juga, perpaduan antara bentuk wajah kecil, rahang berbentuk V, serta hidung mancung, dianggap sangat elegan dan modern.

Sayangnya, standar kecantikan ini seperti suatu aturan hidup yang kejam. Orang-orang yang tidak memenuhi standar kecantikan bisa dengan mudah mendapatkan stigma negatif. Mereka juga tidak mendapatkan kesempatan seperti orang-orang lain. Bahkan, banyak orang yang di-bully hanya karena dirinya tidak sesuai dengan standar kecantikan masyarakat.

Nah, cerita tentang standar kecantikan Korea Selatan bisa kita temukan di berbagai drama korea. Berikut adalah drama korea dengan tema standar kecantikan. 

Shadow Beauty

Shadow Beauty adalah salah satu drama korea yang diangkat dari sebuah Webtoon dengan judul yang sama. Cerita karya penulis A-Heum ini bercerita tentang perundungan yang terjadi di sekolah. Seorang siswi sekolah menengah bernama Koo Ae Jin (diperankan oleh Shim Dal Gi) harus menjalani kehidupan sekolah yang mengerikan karena di-bully oleh teman-temannya. Ae Jin dianggap tidak cocok dengan standar kecantikan masyarakat. Ae Jin memang memiliki tubuh yang kurus, gaya rambut yang membosankan, wajah yang biasa saja yang punya beberapa jerawat, dan tidak memiliki kemampuan sosial yang baik. 

Namun, Ae Jin ternyata memiliki kehidupan lain. Ae Jin memiliki kehidupan lain sebagai Genie, yaitu influencer populer di sosial media yang memiliki 770.000 pengikut. Ae Jin memanfaatkan kemampuan merias diri dan editing yang dia punya punya untuk mendukung  identitasnya yang lain. 

Genie digambarkan sebagai seorang influencer yang sangat cantik, ramah, tapi misterius. Dia tidak pernah menampakkan diri di berbagai tempat keren, tetapi selalu mendapatkan banyak likes dan comments di setiap foto yang dia unggah. Seluruh endorsement keluar dalam foto unggahan Genie dengan sangat baik.

Suatu hari, ada seorang siswi pindahan yang datang ke sekolah Ae Jin yang memiliki wajah sangat mirip dengan Genie. Siswi ini bernama Sun Mi-Jin (diperankan Lee Na Gyung). Kemunculan siswi ini menjadi puncak kerumitan identitas Ae Jin.

True Beauty

dua sisi Lim Ju Kyung (sumber: Hipwee)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline