Lihat ke Halaman Asli

Putri Wulandari

TERVERIFIKASI

English Tutor | Freelance Content Writer

Tips Memilih Kost buat Mahasiswa Budget Tipis

Diperbarui: 22 Februari 2023   04:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi mahasiswa perantauan (sumber: KOMPAS.ID)

Menjadi mahasiswa di tanah perantauan memanglah banyak tantangannya. Sebelum bergelut dengan segala kehidupan kampus, kita akan dihadapkan dengan masalah tempat tinggal. Ada beberapa pilihan, mulai dari tinggal dengan saudara, masuk asrama, atau kost.

Kost adalah salah satu pilihan tempat tinggal tergampang dan terbanyak bagi mahasiswa. Secara sederhana, kost berarti menyewa kamar untuk tinggal yang dimiliki oleh orang lain dengan membayar sewa dalam jangka waktu tertentu.

Mulai dari lokasi yang jauh hingga yang cuman selangkah dari gerbang kampus, ada yang berfasilitas lengkap ataupun yang kosongan, bahkan ada yang berharga ratusan hingga jutaan. Kost menjadi pilihan tama mahasiswa yang merantau.

6 Tips Memilih Kost Anti Rugi

Sebagai mahasiswa yang biasanya berkantong tipis, berikut adalah beberapa tips supaya tidak boncos dan rugi saat memilih kost.

1. Mencari roommate

Langkah pertama life hack ngekost adalah punya roommate atau teman sekamar. Kita bisa berbagi kamar dengan orang lain. 

Sederhananya, berbagi tempat tidur dan fasilitas kamar dengan orang lain. Roommate ini bisa saja teman, kakak tingkat, atau bahkan kenalan. Dengan begitu, harga sewa kamar bisa ditanggung berdua dan tentunya menjadi lebih ringan.

Namun, kita harus pintar dalam memilih roommate. Kita harus memilih roommate yang membuat diri kita nyaman. Kalau kata anak jaman now, sefrekuensi. 

Yah, namanya juga akan sekamar bersama, tidur bersama, berinteraksi paling banyak, dll. Jadi, usahakan memilih teman sekamar yang sesuai dan cocok dengan pribadi kita.

2. Bayar sewa per bulan bukan per semester atau per tahun

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline