Lihat ke Halaman Asli

Putri Wulandari

TERVERIFIKASI

random

Emas: Investasi Aman dan Bukan Abal-Abal buat Mahasiswa

Diperbarui: 18 Maret 2022   18:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Emas Batangan (sumber: Finoo.id)

Mahasiswa ada di usia yang rentan. Dianggap sudah dewasa dan bisa bekerja, tetapi juga masih seorang pelajar. Karena dianggap sudah dewasa dan bisa mandiri, mahasiswa sudah dituntut untuk bisa mengatur finansialnya sendiri. Berhati-hati dalam menggunakan uang dan sedikit menabung misalnya.

Nah, menabung ini yang menjadi salah satu masalah. Normalnya, orang mempunyai sejumlah uang untuk dana darurat. Sayangnya, mahasiswa masih banyak yang kesulitan dalam mengatur finansialnya, apalagi untuk menabung. Pemasukan yang tidak seberapa dari bekerja part-time dan juga uang saku dari orang tua yang tidak banyak juga menjadi alasan utama kesulitan dalam menabung.

Ada salah satu cara menabung sekaligus investasi yang cocok untuk mahasiswa. Cara ini dapat dilakukan dimanapun dan mulai dari jumlah yang sedikit. Cara tersebut adalah dengan membeli emas.

Investasi dan Menabung Menggunakan Emas

Emas adalah salah satu logam mulia yang banyak dijadikan ladang investasi. Hal ini dikarenakan nilai emas cenderung naik, rendah resiko (low risk), dan bisa menjaga nilai uang.

Emas adalah ladang investasi yang mudah. Siapapun bisa mulai berinvestasi dengan modal yang sedikit. Saat ini juga sudah banyak platform yang menawarkan tabungan emas dan juga pembelian emas dalam jumlah yang kecil. Hal ini tentunya memudahkan pembeli dengan jumlah pemasukan yang sedikit seperti mahasiswa.

Nilai emas juga cenderung naik. Semakin tinggi inflasi, semakin tinggi pula nilai emas. Emas juga bisa menjaga nilai uang karena nilainya yang cenderung naik untuk jangka panjang. Emas juga bisa didapatkan dimanapun. Mulai dari toko perhiasan yang pasti ada dimana-mana, hingga lembaga resmi seperti Pegadaian.

Ada dua jenis emas yang bisa digunakan untuk investasi, yaitu emas digital dan fisik. Berikut adalah sedikit penjelasan tentang Emas Fisik dan Digital.

  • Emas Fisik

Sederhananya, emas yang fisiknya bisa kita pegang. Emas fisik bisa berbentuk emas batangan atau perhiasan. Emas jenis ini bisa dibeli di toko emas atau pun di lembaga pemerintahan seperti Pegadaian. Emas fisik cocok untuk investasi jangka panjang karena nilainya cenderung naik dan punya selisih harga jual yang sedikit apabila dalam jangka pendek.

Saat mendengar kata emas, kebanyakan dari kita pasti berpikir untuk membeli perhiasan atau emas batangan yang jumlahnya sangat besar. Padahal, emas fisik bisa dibeli mulai dari 0,5 gram. Emas ini lah yang sering digunakan untuk investasi akhir-akhir ini. Emas dengan nilai yang sangat kecil dengan harga yang murah.

Namun, investasi emas fisik memiliki beberapa kekurangan. Pertama, cara menjualnya agak repot. Kita harus membawa emas ke toko emas atau pegadaian. Kedua, penyimpanannya harus lebih berhati-hati.

  • Emas Digital
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline