Lihat ke Halaman Asli

Judul Tidak Sinkron dengan Isi Berita

Diperbarui: 14 September 2015   11:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1407748658972006998

Beberapa hari lalu artikel tentang Roro Jonggrang menjadi trending topic karena kekeliruan Taufik Ridho, Sekjen Partai Keadilan Sejahtera. Dan ternyata, hari ini muncul kekeliruan lagi di salah satu media online. Cerita ini bermula dari kekecewaan saya sebagai fans Inter Milan yang baru saja kalah 3-1 dari Eintracht Frankfurt. Karena penasaran, saya ingin mencari tahu informasi lebih lengkap terkait ulasan pertandingan.

Ketika mengunjungi kanal Super Ball > Liga Italia di Tribunnews.com, rasa heran menyelimuti pikiran saat melihat judul artikel “Walter Mazzarri Masih Kecewa dengan Lini Depan Napoli”.[caption id="attachment_352347" align="alignnone" width="609" caption="http://www.tribunnews.com/superball/2014/08/11/walter-mazzarri-masih-kecewa-dengan-lini-depan-napoli"][/caption]

[caption id="attachment_352348" align="alignnone" width="609" caption="http://www.tribunnews.com/superball/2014/08/11/walter-mazzarri-masih-kecewa-dengan-lini-depan-napoli"]

1407748750219928791

[/caption]Dalam hati muncul pertanyaan, kenapa Walter Mazzari kecewa dengan lini depan Napoli, ya? Sepengetahuan saya, Napoli sudah dilatih Rafael Benitez. Tapi okelah, dibaca dulu saja. Jari telunjuk terus meng-scroll down artikel sampai paragraf akhir.

Meski dibaca berkali-kali, berita itu ternyata memang tidak ada sangkut pautnya dengan tim Napoli yang pernah dilatih Mazzari pada tahun 2009 – 2013. Sehingga apa yang ditulis di judul tidak sinkron dengan isi berita dan tagar terkait, diantaranya #Samir Handanovic #Lucas Piazon #Haris Seferovic #Walter Mazzari #Inter Milan.

Sampai dengan tulisan ini dibuat, berita tersebut masih bisa diakses. Sekalipun memuat sumber Duniasoccer.com, kekeliruan ini dapat menjadi bahan introspeksi bagi pengelola media online agar bisa lebih teliti sebelum menayangkan berita. Di sini saya berkesimpulan bahwa si pembuat artikel maupun editor mungkin terburu-buru ketika harus merilis berita pagi hari.

Bisa saja konsentrasi mereka terpecah karena dikejar deadline. Bagaimanapun, mereka juga manusia. Sebagai pengguna internet yang bijak, hal yang bisa kita lakukan hanyalah mengakses informasi yang tepat dan akurat sesuai kebutuhannya.

Salam Kompasiana




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline