Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Lebih Dalam Terkait Praktik Kerja Humas

Diperbarui: 23 Juni 2024   05:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

binus.ac.id

Halo, perkenalkan Saya Putu Candhrika Asteya biasa dipanggil Chika, Saya merupakan mahasiswi dari Universitas Kristen Indonesia, Prodi Ilmu Komunikasi (Public Relations). Pada kesempatan kali ini, Saya ingin membagikan sedikit ilmu terkait Public Relations yang darimana ilmu ini Saya dapatkan pada kelas yang diampu oleh dosen saya Marshelia Gloria Narida, S.S., M.A sebagai dosen prodi Ilmu Komunikasi peminatan Public Relations.

Sebagai mahasiswi dengan peminatan Public Relations, kami dituntut untuk tahu siapa kami dan bagaimana cara kami sebagai seorang Public Relations bekerja. Singkatnya, Public Relations merupakan suatu bagian dari organisasi atau perusahaan yang bertugas untuk berkomunikasi kepada publik, baik berkomunikasi secara satu arah maupun dua arah. Namun, nyatanya tidak hanya itu saja, Public Relations juga menjadi peran penting terhadap citra organisasi maupun perusahaan. Citra yang baik pada suatu organisasi atau perusahaan umumnya dibentuk oleh sang Public Relations, hal ini sangan penting untuk memajukan suatu perusahaan maupun organisasi yang terkait. 

Tidak hanya dituntut  jago dalam berkomunikasi, namun pikiran pun harus kritis. Pikiran kritis sangat dibutuhkan oleh Public Relations untuk menganalisis situasi dan membuat keputusan yang tepat untuk organisasi maupun perusahaan yang terkait. Contohnya, suatu perusahaan sedang mengalami krisis dikarenakan pelayanan yang buruk dan lalu terekspos di Media Sosial. Seperti yang kita ketahui, informasi lewat Media Sosial sangat cepat menyebar, maka dari itu Public Relations harus berpikir kritis bagaimana cara memecahkan masalah yang sedang terjadi dan bagaimana mengatasinya. 

Membahas soal krisis pada perusahaan, Public Relations sangat dibutuhkan perannya dalam penulisan. Jika perusahaan sedang mengalami krisis atau sedang ingin me-launching produk baru, keahlian menulis sang Public Relations sangat dibutuhkan dalam pembuatan press release. Singkatnya, press release merupakan dokumen penting untuk mengumumkan berita penting ke publik. Maka dari itu, peran Public Relations sangat dibutuhkan dalam pembuatan press release jika ada informasi penting terhadap perusahaan maupun organisasi.

Pada praktik kelas Penulisan Kreatif Humas, kami diminta oleh ka Marshel untuk membuat press release terhadap kasus yang sudah ditentukan oleh beliau. Dari praktik tersebut, Saya sebagai mahasiswi sangat amat belajar banyak terkait penulisan press release yang baik dan benar, karena ka Marshel menjelaskannya secara rinci dan tepat. 

Tidak hanya itu, pada kelas Penulisan Kreatif Humas B yang diampu oleh kak Marshelia Gloria Narida, S.S., M.A tidak hanya berpaku pada materi yang itu-itu saja, namun di kelas kami ada program dari Kemendikbud yaitu Praktisi Mengajar, dimana kelas kami akan diajarkan melalui praktisi hebat yang sudah kompeten dalam bidangnya. Pada kesempatan kali ini, kami diajarkan oleh dosen praktisi pak Hafidz Novalsyah, Kami diminta untuk mengenal akan stakeholders dan tingkatannya dalam perusahaan maupun organisasi. Kami juga diminta untuk memikirkan ide konten terkait perusahaan yang sudah ditentukan. Hal ini sangat berguna sekali dalam praktik kelas karena kami dituntut untuk kritis dalam memikirkan ide konten dan bagaimana cara pelaksanaannya. Maka dari itu ka Marshel selalu menuntut kita sebagai mahasiswanya untuk tetap berpikir kritis. Karena, sebagai Humas atau Public Relations, kita memiliki banyak tuntutan profesional yang harus kita penuhi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline