Lihat ke Halaman Asli

Pandangan Manusia terhadap Mata Uang Digital

Diperbarui: 2 Desember 2023   18:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cryptocurrency. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Di zaman yang modern seperti sekarang yang dimana semua hal merupakan hal digital , yang dimana-mana hidup kita diatur oleh sosial media , selera kita diatur oleh sosial media ataupun bahkan hal yang lebih personal pun diatur oleh sosial media , yang dimana hal tersebut merupakan medium untuk kita terhubung dengan dunia luar yaitu melalui media digital . Pandangan manusia juga lebih terbuka soal hal- hal seperti ini bahkan sudah menjadi sebuah kebiasaan untuk kita selalu berinteraksi media sosial ataupun dengan media digital itu sekalipun . 

Tapi bagaimana pendapat orang tentang mata uang digital , tentu saja orang orang pada skeptis dan merasa hal tersebut merupakan hal yang lumayan aneh dipikiran orang, yang dimana biasanya uang identik dengan hal sebagai mana mestinya yaitu jual beli untuk pertukaran sebuah barang . Uang digital yang dibahas disini lebih merujuk kepada crypto. Tetapi juga kabarnya Indonesia juga akan merilis sebuah mata uang digital lebih tepatnya Rupiah digital , tetapi kurang lebih fungsinya sama dan sama seperti uang tunai cuman cara pembayaran dalam bertransaksi yang akan diperbanyak .

Dikutip dari www.bi.go.id cryptocurrency adalah uang digital yang dibuat dengan teknologi kriptografi yang canggih , yang dimana memiliki kelebihan dan kekurangan . Semua orang pasti tahu bitcoin yang dimana dulu nilai tukarnya sangat kecil tetapi sekarang sudah jauh melambung tinggi . tetapi harganya cenderung fluktuatif hal ini dikarenakan adanya pergerakan pasar yang berpengaruh terhadap harga dari bitcoin itu sendiri . Cryptocurrency juga mempunyai banyak koin lainnya seperti ETH , solana dan lain lain . 

Ada juga yang disebut sebagai koin micin seperti SHIBA ataupun doge . dikarenakan koin bisa naik dan turun , biasanya orang orang membeli harga koinnya ketika turun dan menjualnya ketika harga koin tersebut naik . High risk and high return ,karena dalam beberapa kasus dapat terjadi rugpull atau harga tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan .Tetapi di dunia cryptocurrency juga menawarkan sebuah koin yang stabil seperti USDT yang dimana itu merupakan sebuah koin digital tetapi dalam bentuk usdt dengan tujuan bertransaksi dalam blockchain ataupun hanya sebagai tempat penyimpanan uang , bisa dari IDR ke USDT untuk menghindari turunnya nilai mata uang pada rupiah Indonesia . Banyak teknologi dari cryptocurrency ini sendiri mulai diterapkan bahkan di Indonesia sekalipun seperti web3 dan lain lain .

Tentu saja hal ini menuai banyak pendapat dari berbagai kalangan masyarakat antara halal ataupun haramnya dikarenakan harganya yang fluktuatif dan tidak berwujud  . Tetapi dari waktu ke waktu cryptocurrency ini sendiripun di Indonesia sudah mulai tersebar dan sudah bukan jadi hal yang aneh lagi di Indonesia . 

Bahkan sudah ada aplikasi exchange crypto di Indonesia seperti Indodax dan lain lain . Banyak pertanyaan yang bertebaran tentang hal ini , seperti apakah cryptocurrency bakal menggantikan fiat atau semacamnya . Tetapi cukup digaris bawahi bahwa sekarang teknologi sudah berkembang sangat jauh bahkan dengan adanya mata uang digital seperti ini bisa dijadikan sebagai sebuah aset investasi , dan bahkan bisa juga dijadikan sebagai ladang pencari uang seperti melakukan transaksi dengan dengan "Futures" ataupun mengumpulkan airdrop.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline