Lihat ke Halaman Asli

Kenali Bahaya dan Gejala Diabetes

Diperbarui: 25 Juni 2015   06:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Diabetes mellitius biasa sering disebut penyakit kencing manis. Diabetes tidak dapat disembuhkan tetapi gula darahnya dapat terkontrol. Diabetes terjadi karena kurangnya insulin dan insulin adalah suatu zat yang dihasilkan pankreas untuk mengolah zat gula darah (glukosa) sehingga menjadi energi. Akan tetapi makanan yang kita makan tetapi tidak akan menolong, karena gula dalam darah tetap tidak dapat diproses menjadi tenaga secara normal, bahkan kadarnya akan terus meningkat. Kejadian tersebut disebut HIPERGLIKEMIA yaitu penumpukan glukosa di dalam darah.

Untuk anda yang memiliki masalah dengan kegemukan dan mempunyai riwayat keluarga diabetes harus berhati-hati, karena bisa saja anda akan mengidap penyakit tersebut.

Belum diketahui secara pasti, mengapa orang mengalami diabetes. Ada 2 tipe diabetes meulitius (DM), yaitu DM tipe-1 (biasanya pada orang yang umurnya masih muda) dan DM tipe-2 (biasanya terjadi pada orang yang sudah tua).

Faktor-faktor penyebab terjadinya DM tipe-1, yaitu: karena beberapa sebab sutatu sel yang bernama sel beta yang ada di dalam pankreas  akan mengalami penurunan fungsi dan mati. Bila hal ini terjadi berarti tubuh/pankreas tidak bisa lagi membuat insulin. Kebanyakan orang-orang ini hidup sehat dan aktif sebelum gejala diabetes berkembang, kerusakan sel tersebut biasanya dimulai beberapa tahun sebelum DM muncul. Jika hampir semua sel rusak, maka gejala hiperglikemia dating dengan cepat. Tidak ada yang dapat kita lakukan untuk menghentikan proses ini ataupun mencegahnya. Maka orang yang mengidap tipe ini harus diinjeksi insulin setiap hari, agar gula darahnya terkontrol dengan baik, mereka juga harus mengatur dan menjaga keseimbangan antara makanan dan kegiatan.

Faktor-faktor penyebab terjadinya DM tipe-2, yaitu: ini faktor yang paling umum. Pankreas masih membuat dan mengeluarkan insulin, tapi jumlahnya terlalu rendah / insulin tidak bekerja sebagai mestinya. Cenderung diturunkandalam keluarga diabetes. Banyak juga orang yang mempunyai kecendrungan namun diabetesnya tidak berkembang, biasanya dating /terjadi diatas usia 40 tahun. Gejala akan muncul bertahap, jadi sulit untuk ditebak. Sekitar setengah dari orang diabetes tipe ini adalah orang gemuk, karena terlalu banyak lemak/lemak yang membesar sehingga tidak membuat respon baik terhadap insulin. Sehingga pankreas akan bekerja keras untuk membuat insulin.

Selama kehamilan wanita juga dapat terkena diabetes karena kebutuhan tambahan pada pankreas dan akan hilang setelah melahirkan. Tapi tidak menutup kemungkinan diabetes akan muncul kembali dalam hidupnya.

Tanda-tanda gejala umum :

·Haus, banyak kencing, penurunan berat badan tetapi nafsu makan bertambah.

·Kaki terasa baal & kesemutan.

·Mudah timbul bisul dan abses yang sulit sembuh.

·Mempunyai riwayat keluarga diabetes.

Bila sudah dinyatakan mengidap diabetes yang harus diperbuat adalah :


  • kontrol secara teratur ke dokter (Poli Penyakit Dalam)
  • Mengikuti bimbingan / petunjuk dari dokter & edukator diabetes.
  • Mengikuti program untuk penyandang diabetes

Kita sering mendengar kadang orang diabetes memiliki luka yang kronis, membusuk, menghitam sehingga harus segera diamputasi.  Itu adalah Gangren  diabeticum. Contohnyaseperti artis komedian yang bernama Rini ES bonbon

Bukan berarti jika pengidap berobat akan lebih baik, bahkan pengidap akan mengidap komplikasi dari pengobatan teresbut, seperti :

·Gula darah turun dibawah normal penurunan kesadaran koma

·Mual, muntah-muntah dan keringat dingin

·Diare, sakit kepala dan pusing

Tanda-tanda penurunan gula darah / glukosa dibawah normal :

·Gemetar. Mengeluarkan keringat dingin dan lemas

·Penurunan kesadaran mengantuk bisa sampai tidak sadar /koma

Olahraga yang dianjurkan untuk penderita diabetes :

1.Senam diabetes.

2.Berenang.

3.Jalan santai / jalan cepat sesuai petunjuk educator diabetes.

Faktor penyebab diabetes secara umum :

¨Riwayat keluarga diabetes

¨Kegemukan

¨Kurang aktivitas fisik

¨Bayi yang terlahir dengan berat badan lebih dari 4 kg

¨Hipertensi

Dapat dilihat dari orang-orang yang berada disekitar bahwa orang dengan diabetes sangat menderita bahkan hidupnya yang tidak lama. Padahal pengobatannya sederhana, yaitu :

1.Pola makan.

2.Latihan jasmani.

3.Obat-obatan : obat hipoglikemik oral & insulin.

4.Uji kadar glukosa darah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline