Lihat ke Halaman Asli

Putriyah SeptianingsihSangaji

mahasiswa universitas muhammadiyah malang

Pemasangan Visual Display di Wisata Coban Lanang Desa Pandanrejo, Bumiaji, Kota Batu Oleh PMM Bhaktiku Negeri Kelompok 39 Gelombang 8.

Diperbarui: 27 Februari 2024   05:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pmm kelompok 39

PMM Bhaktiku Negeri adalah kegiatan yang diadakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPMM) Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). PMM Bhaktiku Negeri merupakan kegiatan pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa yang digunakan untuk menyalurkan ide-ide mahasiswa kepada masyarakat. PMM Bhaktiku Negeri dilakukan oleh kelompok 39 gelombang 8 di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur pada tanggal 19 Januari 2024.

Anggota kelompok 39 gelombang 8 terdiri dari Putriyah Septyaningsih (ketua kelompok) dari program studi Manajemen, Ayu Ria Lathifah (bendahara) dari program studi Teknik Industri, Farakhnas Dwi Utari (sekretaris) dari program studi Teknik Industri dan Khairina Rizkia (dokumentasi) dari program studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) serta Chalimatuz Sa'diyah, SE.,MM. selaku dosen pembimbing (DPL)

Kegiatan yang dilakukan oleh kelompok 39 adalah melakukan pemasangan visual display di 3 titik jalan Wisata Coban Lanang. Visual display merupakan Visual display adalah representasi grafis dari informasi atau data yang disajikan secara visual, seperti dalam bentuk grafik, diagram, atau tabel. Tujuannya adalah untuk memudahkan pemahaman dan interpretasi informasi oleh pembaca atau pengguna. Visual display sering digunakan dalam berbagai bidang, termasuk presentasi bisnis, ilmu pengetahuan, pendidikan, dan media massa. Dengan menggunakan visual display, informasi kompleks dapat disajikan dengan cara yang lebih mudah dipahami dan menarik perhatian audiens.

Visual display yang kami gunakan adalah visual display berupa petunjuk jalan menuju wisata coban lanang, terdapat 3 titik pemasangan pada visual display tersebut yaitu pada setiap jarak  -+ 100 m menuju coban lanang. Pemasangan visual display ini bertujuan untuk mempermudah akses perjalanan para wisatawan luar daerah yang ingin berwisata ke coban lanang karena berdasarkan yang telah kami survey lokasi coban lanang berlokasikan di dalam sebuah desa sehingga memerlukan petunjuk jalan yang memadai.

pmm kelompok 39

Bahan pada pembuatan visual display tersebut yaitu menggunakan bahan dasar kayu bambu dan banner, yang dimana langkah awal yang kita lakukan adalah membuat desain atau menentukan desain untuk dicetak menjadi sebuah banner, setelah itu kita menyiapkan kayu bambu yang sudah dicat berwarna hitam lalu banner yang sudah siap bisa di paku di kayu bambu yang sudah kita siapkan. Untuk pemasangan visual display itu sendiri kita dibantu oleh karyawan- karyawan dari pihak coban lanang, mulai dari penempatan untuk pemasangannya hingga proses pemasangannya sehingga semua berjalan dengan baik.

Pak amin selaku penanggung jawab memberikan kesan pesan atas kegiatan-kegiatan  yang sudah kami lakukan selama di wisata coban lanang "terimakasih atas kerjasamanya selama kegiatan di coban lanang dan terimakasih banyak atas pemasangan visual display ini semoga bermanfaat bagi coban lanang maupun pengunjung wisata coban lanang".

Dengan dilakukannya semua kegiatan ini harapan kami semoga kegiatan- kegiatan yang telah kami lakukan dapat bermanfaat bagi pihak coban lanang maupun sekitar. Kami juga berterimakasih kepada Pak Amin dan karyawan -- karyawan wisata Coban Lanang atas kesempatanya untuk dapat melaksanakan kegiatan kami. Serta kami juga berterimakasih atas partisipasinya dalam menjalankan kegiatan PMM ini.

Oleh : PMM Kelompok 39 Gelombang 8 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline