Lihat ke Halaman Asli

Putri Wulan Anjeli Siregar

A little girl from a small town

Lima Tips untuk Mengatasi Couch Potato (Malas Bergerak)

Diperbarui: 28 Mei 2021   11:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Couch potato adalah seseorang yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menonton televisi dan tidak melakukan hal-hal yang menarik atau dapat disebut malas bergerak.

Di tengah pandemi sekarang ini, kita lebih banyak berdiam diri di dalam rumah. Menghabiskan lebih banyak waktu di rumah tidak berarti kamu dapat menjadi couch potato. Hal ini akan membuat hidupmu hambar dan sangat tidak menarik.

Apakah kamu bertanya-tanya tentang cara berhenti menjadi couch potato dan menjadi lebih produktif?

Saya akan membagikan beberapa tips hebat untuk membantu kamu mengatasi couch potato.

1) Keluar dari Kebiasaan Malas
Kita pasti pernah mengalami hari-hari yang buruk. Dalam hidup, terkadang segala sesuatu tidak berjalan sesuai dengan keinginan kita. Kita pun ingin beristirahat dari rutinitas yang sangat menjemukan. Akhirnya, kita tidak menyadari bahwa kita berleha-leha secara mental dan fisik terlalu berlebihan. Nah, jika sudah sadar bahwa diri kita termasuk couch potato. Ada baiknya kita segera keluar dari kebiasaan malas diri kita. Hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan mental dan fisik kita. Jika kita telah dapat keluar dari kebiasaan malas tersebut, kita akan dapat melakukan rutinitas tanpa merasa lelah.

2) Berdamai dengan Diri Sendiri
Ya, berdamai dengan diri sendiri dengan cara menenangkan pikiran negatif yang ada dalam diri kita. Jika dirimu telah berdamai dengan dirimu sendiri, kamu akan dapat meghalau pikiran was-was terhadap hal-hal yang belum kamu capai.
Luangkan waktu 10 menit sehari untuk memikirkan apa yang ingin kamu selesaikan dalam beberapa jam ke depan. Cara ini bagus untuk membantu kamu agar tidak kebingungan dan tidak menunda-nunda tugas-tugas yang ingin kamu selesaikan.

3) Self Care Mengembalikan Energi Diri
Saat pandemi ini, sangat perlu bagi kita untuk menjaga kesehatan diri.
Bangun lebih awal dan tidur yang cukup. Karena kurang tidur dapat menyebabkan diri kita lebih sensitif terhadap efek stres.
Selain itu, kamu dapat berjalan keluar rumah dan menghirup oksigen yang segar di pagi hari selama 30 menit. Self care yang terakhir adalah membaca buku yang kamu senangi selama 15 menit. Lalu, menulis jurnal isi pikiranmu atau hari-hari yang telah kamu alami ke dalam buku diari.

4) Lakukan Pola Makan Sehat
Mungkin sulit untuk mengubah pola makanmu. Namun, hal ini dapat membantu kamu agar fokus pada perubahan kecil. Mengubah pola makanmu juga dapat bermanfaat jika kamu menderita penyakit yang dapat diperburuk oleh makanan atau minuman yang kamu konsumsi.
Kurangi lemak berlebih. Serta makan banyak buah dan sayuran sebagai makanan pengganti camilan kamu.
Terakhir, minumlah minuman rendah kalori, seperti air atau teh.

5. Miliki Motivasi Diri
Setiap orang memiliki dua pilihan dalam hal memiliki tanggung jawab yaitu menghadapinya atau meninggalkannya.
Beberapa orang akan memilih untuk meninggalkannya karena itu lebih mudah. Tetapi mengapa beberapa orang memilih untuk menghadapinya dan menaklukkannya bahkan ketika hal itu sangat sulit?
Mengapa?
Karena mereka termotivasi.
Motivasi adalah sesuatu hal yang dapat mendorong perilaku kamu untuk mencapai tujuanmu dalam hidup. Kamu juga dapat termotivasi oleh ancaman di sekitar dirimu, dan kamu dapat termotivasi karena kamu merasa bersyukur atas apa yang kamu miliki dalam hidup.
Sekarang lihat ke dalam diri kamu.
Apa yang kamu inginkan dalam hidupmu? Apa sesuatu yang dapat kamu lakukan yang tidak akan membuatmu menyesal ketika kematian menjemputmu?
Menginspirasi dirimu memanglah tidak mudah. Akan tetapi, tunjukkan bahwa diri kamu dapat menjadi hebat versi dirimu di kehidupan ini. Temukan motivasi dan jadikan motivasi tersebut sebagai isi bahan bakar dalam menjalani hidupmu.

Itulah lima tips yang dapat penulis berikan kepada pembaca untuk mengatasi Couch Potato. Tulisan ini juga menjadi pendorong agar penulis dapat lebih produktif dan menghasilkan karya yang bermanfaat. Semoga para pembaca dapat mengambil manfaat dari tulisan ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline