Lihat ke Halaman Asli

Putri Wahyuni

Mahasiswa

Pengertian Pasar Monopolistik dan Oligopoli, Ciri-ciri, dan Contohnya serta Kelemahan dan Kelebihan

Diperbarui: 2 Desember 2022   15:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Oleh : Putri Wahyuni

Universitas Palangka Raya

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

PASAR MONOPOLISTIK DAN OLIGOPOLISTIK


Pasar adalah kawasan Bertemunya Permintaan serta Penawaran. Pasar Monopolistik adalah Jenis Pasar Persaingan tidak tepat (Imperfect Competition Market) Sedangkan Pasar Oligopoli adalah Suatu Jenis Pasar Dimana Hanya terdapat Beberapa Produsen (Penjual) yang Menyediakan Keperluan barang untuk beberapa Pembeli yang ada Pasar. Dengan hal tersebut, Maka Barang yg Dijual menjadi Cenderung homogen serta Sulit Dibedakan. Dari kegiatan tersebut Pasar Monopoli maupun pasar Oligopoli, bisa Kita Jumpai di negara-negara lain yg Menganut Sistem pasar monopolistik dan oligopoli. Tentu saja mereka memilih sistem yang berpengaruh untuk negera.


APA ITU PASAR
Pasar artinya Sesuatu kegiatan yang Didalamnya terdapat Penjual dan Pembeli. Baik Itu Pasar Monopolistik juga Pasar Oligopoli. terdapat Beberapa Macam contoh Pasar, yang Dulu Hanya Kita Ketahui daerah Bertemunya Penjual dan Pembeli Secara eksklusif. dengan Berkembangnya Jaman, muncul Pasar yg tak Mengharuskan Si Penjual dan Pembeli Bertemu Secara langsung.


Struktur Pasar
Struktur Pasar memiliki Pengertian Penggolongan produsen dari Beberapa Bentuk Pasar sesuai pada karakteristik serta ciri-ciri seperti Jenis Produk yang didapatkan, banyaknya Perusahaan dalam Industri. pada Analisa Ekonomi Dibedakan menjadi Pasar Persaingan tepat serta Pasarpersaingan tidak sempurna (yang mencakup Monopoli, Oligopoli, Monopolistik Danmonopsoni).

PASAR MONOPOLISTIK

Pasar Monopolistik adalah Suatu Pasar yang ada banyak Penjual ,yg Memasarkan Produknya yg Hampir memiliki Fungsi yg Sama tapi berbeda Corak.. Produk yang dihasilkan pasti mempunyai Karakterstik Kelebihan dan Kekurangan Tersendiri yg Membedakannya dengan Produk-Produk Lainnya dan Saling Berlomba untuk  Memasaran Produknya dengan Caranya Sendiri Sendiri.

di Pasar Persaingan Monopolistik, Harga merupakan Faktor yg bisa Mendongkrak Nilai Penjualan. tapi Kemampuan produsen Atau Perusahaan membentuk gambaran yg Baik di dalam Benak Konsumen sehingga Mereka Ingin Membeli Produk tersebut Merupuakan Faktor utama Pendongrak Nilai Penjualan. Maka dari Itu , Perusahaan yg ada di Pasar Monopolistic wajib Selalu Akfif Mempromosikan Produknya untuk menaikkan Nilai Penjualan tetapi harus permanenuntuk menjadi Nama Baik dan citra Perusahaan yang Sedang Mereka Promosikan. waktu Produsen Baru yg Masuk Kedalam Pasar Monopoli umumnya Belum bisa Menyaingi penghasil lama . dengan Begitu Akan Terjadi Suatu Monopoli Murni di dalam Pasar yg Dikuasai oleh Satu penghasil.


sebagai model Produk yg terdapat pada Pasar Monopolistik seperti Shampo, Sikat Gigi, serta Dll. Walaupun seluruh Barang tadi mempunyai Fungsi Sama Akan tapi Setiap Produk yang didapatkan oleh Produsen yang tidak sama mempunyai disparitas di Setiap Produk, contoh Perbedaannya seperti warnnya , kemasan atau bungkus,Cara Penyajian, Bentuk Dll..

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline