Lihat ke Halaman Asli

Revitalisasi Wisata Agrapana Desa Sumberkalong oleh Mahasiswa KKN UMD 353 Universitas Jember X BUMDES Sumberkalong

Diperbarui: 29 Agustus 2022   17:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Sumberkalong merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Wonosari, Bondowoso. Desa ini terdiri dari 6 dusun dimana masing-masing dusun memberikan ciri khasnya masing-masing. 

Di desa Sumberkalong sendiri terdapat wisata yang bernama Agrapana. 

Wisata Agrapana ini telah terbentuk pada tanggal 17 Agustus 2019. Agrapana ini dikelola oleh Bumdes desa Sumber Kalong. 

Wisata ini menawarkan wisata air dimana di dalamnya terdapat beberapa gazebo diatas air dan dihiasi oleh pernak-pernik khas Jepang. 

Selain itu wisata ini menawarkan paket foto dengan menggunakan baju Kimono (baju khas Jepang). Wisata ini sempat viral di beberapa media sosial seperti Tiktok dan Instagram. 

Menurut pemaparan Bumdes banyak masyarakat yang mendatangi wisata Agrapana yang viral di medsos. Keviralan tersebut tidak berjalan lama karena dampak dari Covid-19 yang membuat wisata ini terbengkalai. 

Wisata ini membutuhkan revitalisasi untuk tetap berjalan seperti biasanya. Banyak gazebo yang rusak dan perlu renovasi karena tidak pernah dipakai selama Covid-19.

Dokpri

Melihat hal tersebut membuat Mahasiswa KKN 353 Desa Sumberkalong tergerak untuk membantu merevitalisasi Wisata Agrapana. Pada seminggu pertama mahasiswa melakukan survei ke Wisata Agrapana. Terlihat bahwa wisata tersebut terbengkalai karena kurangnya perawatan. Mahasiswa melihat menu makanan yang masih kurang menarik untuk dihidangkan kepada wisatawan. 

Dari hasil survei tersebut mahasiswa telah menemukan apa saja yang harus di revitalisasi untuk mengembangkan wisata Agrapana. Mahasiswa berencana untuk membuat gerbang ala Jepang untuk menambah spot foto yang ada di Agrapana. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline