Lihat ke Halaman Asli

Demonstrasi Kontekstual Modul 2.2 - Pembelajaran Sosial & Emosional

Diperbarui: 8 Maret 2023   22:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Membuat Rencana Implementasi pembelajaran Sosial dan Emosional bagi murid di Kelas

Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah . Proses kolaborasi ini memungkinkan anak dan pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional agar dapat :

  • Memahami, menghayati dan mengelola emosi.
  • Menetapkan dan mencapai tujuan positif .
  • Merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain.
  • Membangun dan mempertahankan hubungan yang positif .
  • Membuat keputusan yang bertanggung jawab .

Kompetensi yang dibutuhkan dalam PSE dinamakan Kompetensi Sosial dan Emosi (KSE). KSE adalah kompetensi yang berhubungan dengan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap mengenai aspek sosial dan emosional. Ada 5 kompetensi sosial dan emosional, yaitu :

1. Kesadaran Diri

2. Manajemen Diri

3. Kesadaran Sosial

4. Ketrampilan Berelasi

5. Pengambilan Keputusan yang Bertanggung  Jawab.

Kelima KSE ini ditemukan dalam program pengembangan anak dan remaja yang terbukti efektif untuk menumbuhkan kecerdasan emosional. Kelima KSE dapat diimplementasikan di kegiatan pembelajaran di kelas atau di luar kelas. Kompetensi yang diwujudkan bisa satu atau dua kompetensi atau kelima kompetensi sekaligus.

  • Kesadaran Diri
    Dengan mengimplementasikan KSE-Kesadaran Diri diharapkan siswa mampu untuk memahami perasaan, emosi, dan nilai-nilai diri sendiri, dan bagaimana pengaruh hal tersebut dalam diri siswa dalam berbagai situasi dan konteks kehidupan.

    Dokpri

  • Manajemen Diri
    Dengan mengimplementasikan KSE -Manajemen Diri diharapkan siswa mampu mengelola emosi, pikiran, dan perilaku diri secara efektif dalam berbagai situasi dan merancang trategi untuk mencapai tujuan dalam hidupnya.
    Siswa mampu menumbuhkan motivasi dalam dirinya, merancang tujuan pribadi dan bersama, serta mampu untuk merancang dan mengorganisir kelompoknnya, juga mengendalikan diri saat bekerja dengan kelompoknya.

  • Kesadaran Sosial
    Dengan mengimplementasikan KSE -- Kesadaran Sosial diharapkan siswa mampu untuk memahami sudut pandang dan berempati dengan orang lain.
    Siswa diharapkan mampu mempertimbangkan pemikiran/pandangan orang lain serta bersedia mengakui kemampuan /kekuatan temennya.

  • Ketrampilan Berelasi
    Dengan mengimplementasikan KSE -- Ketrampilan Berelasi diharapkan siswa mampu untuk membangun hubungan yang positif dan sehat.
    Siswa diharapkan mampu untuk berkomunikasi dengan efektif, memperaktekkan kerjasama tim dan pemecahan masalah serta kolaborati, menunjukkan sikap kepemimpinan dalam kelompok.

    Dokpri

  • Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab
    Dengan mengimplementasikan KSE -- Pengampilan Keputusan yang Bertanggung Jawab diharapkan siswa mampu mengambil keputusan yang bertanggung jawab,
    Siswa diharapkan mampu untuk menunjukkan rasa ingin tahu dan keterbukaan pemikiran, mengidentifikasi atau mengenal solusi dari masalah pribadi dan sosial, berlatih membuat keputusan beralasan/masuk akal, setelah menganalisis informasi, data dan fakta.

    Berikut RPP Berdiferensiasi dan Berimplemenasi Pembelajaran Sosial dan Emosional.
    https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rpp-berdiferensiasi-dengan-implementasi-kse/
    https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/pdf/81621 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline