Lihat ke Halaman Asli

Putri SekarDiani

Mengisi kesibukan

Pengalaman Bermedia Sosial di Beberapa Platform

Diperbarui: 22 Juni 2021   13:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Perkembangan penggunaan teknologi  dunia sangatlah maju, media internet sebagai sarana komunikasi ini pun menjadi semakin pesat setelah internet mulai dapat diakses melalui telephone  seluler  dan bahkan kemudian muncul istilah telepon cerdas (smartphone). Dalam hal ini khususnya negara Indonesia mengalami peningkatan penggunaan Media Sosial yang diakses dari handphone. Dengan hadirnya Smartphone, fasilitas yang disediakan dalam berkomunikasipun pun semakin beraneka macam, mulai dari sms, mms, chatting, email, browsing serta fasilitas sosial media. serta berbagai macam proses penggunaan seperti yang kita lihat serta dari berbagai macam sumber yang menyebutkan bahwa indonesia mengalami pertumbuhan penggunaan media sosial yang menempatkan indonesia saat ini dengan menempati peringkat ke 3 dengan pengguna internet terbesar setelah China.

Menurut Nasrullah (2015) media social adalah medium di internet yang memungkinkan pengguna merepresentasikan dirinya maupun berinteraksi, bekerja sama, berbagi, berkomunikasi dengan pengguna lain membentuk ikatan sosial secara virtual. Dalam media sosial, tiga bentuk yang merujuk pada makna bersosial adalah pengenalan (cognition), komunikasi (communicate) dan kerjasama (cooperation).

Media sosial sendiri merupakan media daring yang digunakan untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh, proses interaksi antara user satu dengan yang lain, serta  dalam bermedia social kita mendapatkan sebuah informasi melalui perangkat aplikasi khusus menggunakan jaringan internet. Tujuan dari  adanya social media sendiri itu sebagai sarana komunikasi untuk menghubungkan antar pengguna dengan cakupan wilayah yang sangat luas.

Perkembangan media social di Indonesia, melahirkan banyak platform, dan dimana masing masing platform memiliki kegunaannya, beberapa contoh diantaranya yang saya gunakan untuk sehari harinya  yaitu Youtube, platform ini paling popular saat ini,Youtube berbentuk video yang dibuat oleh konten creator untuk para penontonnya. Banyak sekali konten konten yang ada di Youtube, seperti iklan, review barang atau makanan, vlog sehari- hari (Daily Vlog), beberapa tutorial makeup, hijab atau yang lain.

Saya suka sekali melihatnya untuk mencari hal hal yang sebelumnya belum saya tau seperti tutorial membuat sebuah masakan atau make up, karna disini saya lebih mudah karna beruba video dan dijelaskan oleh konten creator. Saya juga memiliki youtube chanel yang saya gunakan untuk mengupload tugas, dan saya juga ingin mengembangkan youtube saya dengan beberapa konten untuk kedepannya.

Facebook, media social ini  pada tahun 2004, pernah menjadi platform paling popular didunia digunakan oleh generasi X dan generasi milenials. Facebook memiliki banyak kegunaan untuk bertukar kabar atau berita antara pengguna, dan dapat juga dimanfaatkan untuk mengembangkan fitur market place yang memungkinkan barang atau jasa untuk langsung dijual di social media yang satu ini.  Facebook menjadi social media pertama yang saya gunakan dulu, facebook kini tidak sepopuler dulu, kini masyarakat usia dewasa lebih memilih social media lain untuk mengupload kegiatan sehari -- harinya.

 Instagram, Platform satu ini sangat  menjajikan untuk menawarkan suatu brand. Karena Instagram memiliki pengguna aktif mencapai 69,2 Juta. Instagram berguna untuk membagikan foto maupun video dalam suatu moment atau kegiatan. Dalam berbisnis Instagram juga menghadirkan Instagram Shoping. Fitur ini memudahkan customen  untuk membeli brand dengan melakukan langsung dari postingan Instagram. Jadi wajar jika media social Instagram  keberadaannya dijadikan sebagai media pemasaran yang paling mudah. Hal inilah yang akhirnya menarik para pelaku usaha untuk menjadikan media sosial sebagai media promosi. Dan Instagram juga menghadirkan fitur Insta Story yang sering digunakan oleh pengguna Instagram untuk medokumentasikan foto maupun video yang hanya bisa dilihat oleh pengguna lain dalam waktu 24 Jam.

Saya menggunakan Instagram hampir setiap hari, dengan berbagai fitur yang telah disediakan memudahkan para penggunanya seperti saya.  disini saya dapat bertukar pesan, maupun mengupload keseharian saya di Instagram. Saya sering kali membuat video keseharian saya dan di upload di InstaStory, saya membuat video semenarik mungkin agar yang melihat video saya juga enjoy. Saya seringkali juga mengunakan Instagram untuk berjualan dan mempromosikan barang saya lewat instastory maupun saya upload di akun saya.

Twitter, platform ini masih populer dengan twitter kita dapat mendapat berita terkini dan juga dapat berkomunikasi melalui pertukaran pesan. Pengguna twitter dapat memposting tweet yang berisikan foto, video maupun teks. Twitter bisa menjadi e-book harian, berbagi pengalaman pribadi, berbagi insipirasi kesesama pengguna. Biasanya dengan membuat thread atau utas.  Twitter saya gunakan untuk membaca berita terkini yang sedang hangat, karna dengan itu bisa menambah pengetahuan saya.

Whatsapp, Dikutip dari WikiPedia, WhatsApp didirikan pada 24 Februari 2009, berarti sekarang WhatsApp sudah menginjak usia keenam. WhatsApp didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum yang pernah bekerja sebagai pegawai Yahoo. Bermodalkan tabungan sebesar $400.000 yang diperoleh selama bekerja di sana, Koum mengunjungi temannya, Alex Fishman untuk berdiskusi mengenai App Store yang kala itu baru berusia 7 bulan, Koum merasa toko ini menyimpan potensi. Fishman kemudian membantu Koum mencarikan pengembang aplikasi iPhone bernama Igor Solomennikov yang berasal dari Rusia. media social yang paling sering digunakan saya untuk bertukar pesan secara pribadi. Platorm ini sangat amat membantu komunikasi jarak jauh, dalam fungsinya WhatsApp tidak beda jauh dengan aplikasi SMS yang biasa Anda pergunakan di ponsel lama. Tetapi bedanya WhatsApp tidak menggunakan pulsa, melainkan data internet.

Dari beberapa penjelasan diatas, Menurut  Puntoadi, 2011 Pada intinya, dengan sosial media dapat dilakukan berbagai aktifitas dua arah dalam berbagai bentuk pertukaran, kolaborasi, dan saling berkenalan dalam bentuk tulisan, visual maupun audiovisual. Sosial media diawali dari tiga hal, yaitu Sharing, Collaborating dan Connecting.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline