Lihat ke Halaman Asli

TEORI PERKEMBANGAN SOSIAL Lev Vygotsky dan Jet piaget

Diperbarui: 18 Oktober 2024   18:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teori yang diutus dalam perkembangan sosial Lev Vygotsky berfokus pada interaksi sosial sebagai kunci utama dalam perkembangan kognitif anak.Menurutnya,perkembangan  anak tidak dapat dipisahkan dari lingkungan sosial dan budaya dimana mereka tumbuh.

Zona Perkembangan Proksimal (ZPD)

Adalah konsep inti dari teori Vygotsky,yang merujuk pada jarak antara apa yang dapat dilakukan anak secara mandiri dan apa yang bisa dilakukan anak secara mandiri dan apa yang bisa dilakukan tanpa bantuan orang lain yang lebih berpengalaman melalui scaffolding atau dukungan dari orang dewasa atau teman sebaya yang lebih terampil ,anak anak dapat mencapai potensi mereka yang lebih tinggi.

Beberapa poin penting dari teori vygotsky 1. peran sosial dan budaya perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh interaksi dengan orang lain terutama orang dewasa. 2.zona perkembangan proksimal  (ZPD)

Kemampuan anak berkembang lebih cepat dengan bantuan orang dewasa atau teman sebaya yang lebih terampil.

3.Bahasa dan komunikasi 

Bahasa bukan hanya alat komunikasi tetapi juga alat untuk berpikir dan belajar.

Teori piaget dengan empat perkembangan kognitif 

1.Tahap sensorimotor (0-2 tahun)

Anak belajar melalui pengalaman sensorik dan motorik dengan pemahaman dunia melalui tindakan langsung.

2.Tahap prapoerasional(2-7 tahun)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline