Lihat ke Halaman Asli

Desa Wisata Kandri, Desa Indah, Penduduk Ramah, dan Alam Melimpah

Diperbarui: 7 Maret 2022   22:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Ada banyak tempat wisata di Kota semarang jawa tengah. Tetapi belum banyak tempat  wisata yang menyugatkan wisata adventure dan edukasi pilihanya desa wisata kandri tempat yang tepat, disini kita bisa di latih untuk bercocok tanam berkebun berternak dan outbond dan masih banyak lagiDesa Wisata Kandri terletak di Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. 

Desaini terletak pada dataran tinggi dekat dengan gunung Ungaran yang membuatnya memiliki hawa yang sejuk. Mayoritas penduduk di Desa Wisata Kandri berprofesi sebagai petani, meskipun tidak sedikit pula yang beternak kambing dan domba. 

Wisata yang terkenal dari desa ini yaitu Goa Kreo yang penuh dengan kesan sejarah serta Waduk Jatibarang yang dibangun untuk meningkatkan potensi Desa Wisata Kandri. 

Selain itu ada juga Sendang Gede yang merupakan sumber air yang mencukupi kebutuhan di Desa Kandri. Wisata Desa Kandri banyak macamnya, dari sektor perkebunan hingga sektor peternakan, semua ada di desa wisata ini, tak heran bahwa desa wisata kandri dapat merebut juara harapan 3 kategori alam dalam ajang penghargaan trisakti tourism awards 2021.

Obyek wisata merupakan salah satu aset dan sektor yang sangat berpengaruh bagi Kota Semarang, tak heran, pemeliharaan, penjagaan dan pelestarian adat, budaya, dan alam di desa wisata kandri terus dilakukan agar menambah potensi kunjungan wisata dan mengenalkan serta mempromosikan wisata kota semarang itu sendiri.

Dokpri

Beberapa obyek wisata yang disuguhkan oleh alam dan keindahan di desa kandri ini, yakni:

  • Peternakan
    Pada sektor peternakan, desa kandri memiliki beberapa jenis hewan ternak baik dari dalam maupun luar negeri, dimulai dari peternakan kambing dan domba, tidak hanya kambing atau domba asli dari Indonesia contohnya domba garut, tetapi juga ada kambing dari luar negeri tepatnya dari negara Swiss dan Australia, dan juga ada domba merino. Tak hanya kambing dan domba saja, tetapi juga ada sapi. Loh...wow, keren banget ya desa kandri ini. Semua hewan ternak di sini dirawat dan dipelihara dengan baik, jadi hewan-hewan di sini sehat-sehat dan tentunya menggemaskan.
  • Dokpri

  • Dokpri

  •  perkebunan tidak hanya peternakan saja yang unggul di desa kandri ini, semua obyek wisata di sini benar-benar dirawat dengan sangat baik oleh pemerintah dan masyarakat. di desa kandri terdapat perkebunan jambu kristal, sebagai experience, wisatawan diperbolehkan memetik jambu kristal sendiri...wah sungguh sangat menyenangkan Dan masih banyak lagi perkebunan yang ditanam di tanah subur desa kandri ini.
  • Dokpri

  • Dokpri

Kolam lumpur dan area tamasya Mendengar kolam lumpur rasanya seru sekali, bukan? Nah, di desa kandri memiliki kolam lumpur yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong, baik anak-anak, remaja dan bahkan hingga dewasa, karena bermain lumpur merupakan kegiatan yg sangat mengasyikkan dan menambah wawasan alam bagi anak-anak yang sedang tumbuh agar mengetahui berbagai pengalaman. 

Lalu area tamasya yang luas dan dikelilingi pohon-pohon yang rindang menambah suasana “healing” yang sesungguhnya. Cocok banget untuk temen-temen yang mau “self healing” nih, dari hiruk pikuknya kota semarang.

  • Dokpri

Tak hanya obyek wisata saja yang dijaga oleh masyarakat dan pemerintah, akan tetapi juga menjaga adat dan budaya leluhur di desa kandri ini, salah satunya yakni tradisi nyadran kali. 

Warga Desa Kandri rutin melakukan tradisi Nyadran Kali di Sendang Gede tersebut. Tradisi tersebut dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan berkah dari Yang Maha Kuasa. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline