Strategi Generik
Ketiga pendekatan ini adalah contoh dari "strategi generik", karena mereka dapat diterapkan pada produk atau layanan di semua industri, dan untuk organisasi dari semua ukuran. Mereka pertama kali ditetapkan oleh Michael Porter pada tahun 1985 dalam bukunya, "Keunggulan Kompetitif: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul." Porter menyebut strategi generik "Kepemimpinan Biaya" (tanpa embel-embel), "Diferensiasi" (menciptakan produk dan layanan unik yang diinginkan) dan "Fokus" (menawarkan layanan khusus di ceruk pasar). Dia kemudian membagi strategi Fokus menjadi dua bagian: "Fokus Biaya" dan "Fokus Diferensiasi."
Strategi Kepemimpinan Biaya
Strategi generik Porter adalah cara untuk mendapatkan daya saing keuntungan -- dengan kata lain, mengembangkan "keunggulan" yang memberi Anda penjualan dan mengambilnya dari pesaing Anda. Ada dua utama cara untuk mencapai hal ini dalam strategi Kepemimpinan Biaya:
-Meningkatkan keuntungan dengan mengurangi biaya, sambil menagih harga rata-rata industri.
-Meningkatkan pangsa pasar dengan mengenakan harga yang lebih rendah, sementara masih membuat keuntungan yang wajar pada setiap penjualan karena Anda sudah pengurangan biaya.
Strategi Kepemimpinan Biaya persis seperti itu melibatkan menjadi pemimpin dalam hal biaya di industri atau pasar Anda. Cukup menjadi
di antara produsen dengan biaya terendah tidak cukup baik, saat Anda pergi diri Anda terbuka lebar untuk diserang oleh produsen berbiaya rendah lainnya yang mungkin kurangi harga Anda dan karena itu menghalangi upaya Anda untuk meningkat saham. Oleh karena itu, Anda harus yakin bahwa Anda dapat mencapai dan pertahankan posisi nomor satu sebelum memilih Biaya
Jalur kepemimpinan. Perusahaan yang berhasil mencapai Cost. Kepemimpinan biasanya memiliki:
-Akses ke modal yang dibutuhkan untuk berinvestasi dalam teknologi yang akan menurunkan biaya.
-Logistik yang sangat efisien.
-Basis berbiaya rendah (tenaga kerja, bahan, fasilitas), dan cara secara berkelanjutan memotong biaya di bawah pesaing lainnya.
Risiko terbesar dalam menjalankan strategi Kepemimpinan Biaya adalah ini sumber pengurangan biaya tidak unik bagi Anda, dan orang lain itu pesaing meniru strategi pengurangan biaya Anda. Inilah sebabnya penting untuk terus menemukan cara untuk mengurangi setiap biaya.
Strategi Diferensiasi
Diferensiasi melibatkan membuat produk atau layanan Anda berbeda dari dan lebih menarik daripada pesaing Anda. Bagaimana Anda melakukannya ini tergantung pada sifat sebenarnya dari industri Anda dan produknya dan layanan itu sendiri, tetapi biasanya akan melibatkan fitur, fungsionalitas, daya tahan, dukungan, dan juga citra merek yang Anda nilai pelanggan.
Untuk menyukseskan strategi Diferensiasi, organisasi perlu:
-Riset, pengembangan, dan inovasi yang baik.
-Kemampuan untuk memberikan produk atau layanan berkualitas tinggi. -Penjualan dan pemasaran yang efektif, sehingga pasar mengerti manfaat yang ditawarkan oleh penawaran yang dibedakan.
Organisasi besar yang mengejar strategi diferensiasi perlu bertahan tangkas dengan proses pengembangan produk baru mereka. Jika tidak, mereka serangan risiko di beberapa bidang oleh pesaing yang mengejar Focus Strategi diferensiasi dalam segmen pasar yang berbeda.
Strategi Fokus
Perusahaan yang menggunakan strategi Fokus berkonsentrasi pada ceruk tertentu pasar dan, dengan memahami dinamika pasar itu dan
kebutuhan unik pelanggan di dalamnya, mengembangkan biaya rendah atau unik produk yang ditentukan dengan baik untuk pasar. Karena mereka melayani pelanggan di pasar mereka secara unik baik, mereka cenderung membangun yang kuat loyalitas merek di antara pelanggan mereka. Ini membuat mereka istimewa segmen pasar yang kurang menarik bagi pesaing.
Seperti strategi pasar yang luas, masih penting untuk memutuskan apakah Anda akan mengejar Kepemimpinan Biaya atau Diferensiasi setelah Anda memilikinya memilih strategi Fokus sebagai pendekatan utama Anda: Fokus tidak biasanya cukup dengan sendirinya.
Tetapi apakah Anda menggunakan Fokus Biaya atau Fokus Diferensiasi, kuncinya menyukseskan strategi Fokus generik adalah memastikan bahwa Anda menambahkan sesuatu yang ekstra sebagai hasil dari hanya melayani pasar itu ceruk. Tidak cukup hanya berfokus pada satu segmen pasar saja karena organisasi Anda terlalu kecil untuk melayani pasar yang lebih luas (jika Anda melakukannya, Anda berisiko bersaing dengan pasar luas dengan sumber daya yang lebih baik penawaran perusahaan).