Lihat ke Halaman Asli

Perjalanan Mempelajari Alif Ba' Ta'

Diperbarui: 10 Mei 2022   15:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Mmb l-Qur'n dlh slh stu bdh ng wb dlkukn lh st uslm ng tt. l n dkrnkn l-Qur'n mrukn salah satu gngn hdu bg srng muslm, shingga dengan begitu, hrus mmlrn. Allah pun senang Ketika hamna nya membaca ayat suci tersebut, hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah saw yang berbunyi : " Sesungguhnya Allah Ta'ala menyukai akan hamba-Nya yang membaca al-Quran bertepatan sebagaimana sebagaimana ia diturunkan." ( Riwayat Ibnu Khuzaimah )

Lalu bagaimana hukum nya belajar membaca al-quran ? pasti nya ini menjadi pertanyaan semua orang. Seperti yang kita ketahui bahwa di dalam al-quran ada yang disebut dengan ilmu tajwid. Ilmu tajwid adalah ilmu di dalam membaca al-quran yang berkaitan dengan seni membaca al-quran yang baik dan benar yang berkaitan dengan waqaf dan ibtida'. 

Nah mempelajari ilmu tajwid hukum nya adalah fardhu kifayah, sedangkan mengamalkan ilmu tajwid saat kita membaca al-quran adalah fardhu ain.

Seperti yang kita ketahui pula bahwa ketika kita membaca al-quran harus teliti kepada makhorijil huruf dan hukum bacaan nya. Mengapa ? karena Ketika kita salah membaca huruf ataupun bacan nya, maka ayat tersebut sudah memiliki makna yang berbeda. 

Untuk itu ini harus di jadikan pelajaran penting dalam hal mempelajari al-quran agar kita tidak salah arti dalam membaca nya.

Oleh karena penting nya mempelajari al-quran, kita sebagai muslim sudah terbiasa diajarkan membaca al-quran sejak usia dini, baik oleh orang tua pribadi maupun di titipkan di Taman Pendidikan Al-Qur'an atau yang biasa di  kenal dengan sebutan TPA atau TPQ. 

Taman Pendidikan Al-Qur'an ini merupakan suatu Lembaga di dalam masyarakat yang menyelenggarakan Pendidikan nonformal jenis keagamaan islam, salah satu nya adalah belajar mengaji. Biasa nya di Lembaga ini terdapat tingkatan atau kelas dalam belajar mengaji yang di awali dengan belajar iqro' mulai dari iqro' satu hingga iqro' enam. Setelah melewati pembelajaran tersebut barulah masuk ke belajar membaca al-quran yang baik dan benar.

Berbicara tentang masa kecil ku yang belajar mengaji di salah satu Taman Pendidikan Al-Qur'an di dalam kampung ku yang Bernama TPQ Amal Mukhlisin, aku mulai belajar mengaji di Lembaga tersebut sebelum duduk di bangku taman kanak kanak  atau sekitar umur 4 tahun.

Pada saat itu Lembaga tersebut masih kental dengan kesederhanaan nya dan belum memiliki bangunan yang utuh, karena pada saat itu hanya mengandalkan halaman masjid saja.

Jadi, bukan orang tua ku yang pertama kali mengajari ku alif ba ta atau huruf hijaiyah, melainkan bibi atau adik dari bapak ku. Mengapa ? 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline