Lihat ke Halaman Asli

Demokrasi dan Pemilihan Umum

Diperbarui: 24 April 2022   23:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia di kenal sebagai negara yang menganut pemerintahan secara demokrasi, hal ini tertuang tertuang di dalam  Pembukaan UUD 1945  alinea keempat yang terdapat pada penggalan : "maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat...."

Apa itu sistem pemerintahan secara demokrasi? Bagaimana penyelenggaraan sistem pemerintahan negara yang menganut sistem demokrasi? Yuk kita kupas bersama !

Sebelumnya kita harus memahami apa sih demokrasi itu. Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan politik dimana kekuasaan pemerintahan nya sendiri berasal dari rakyat, untuk rakyat dan oleh rakyat, dalam hal ini demokrasi di kenal dengan kata lain yaitu melalui perwakilan. Adanya sistem pemerintahan demokrasi ini bertujuan untuk menciptakan kedaulatan rakyat karena seperti yang sudah di singgung tadi bahwa kekuasaan sepenuh nya di pegang oleh rakyat, dalam hal ini pemerintah lah yang menjalankan hak dan wewenang tersebut. Penerapan tersebut di dasari oleh Pancasila yaitu sila keempat yang berbunyi "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan".

Pada sistem pemerintahan demokrasi memberikan kesempatan penuh kepada warganya untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses perumusan, pengembangan, dan penetapan undang-undang, baik itu melalui perwakilan ataupun secara langsung, begitu pula dengan proses pemilihan umum atau yang biasa di kenal dengan pemilu.

Banyak hal yang saya tanyakan kepada sang narasumber, dan inilah sedikit kutipan yang saya dapatkan, beliau bernama Bapak Hermansyah, selaku Panitia Pemungutan Suara (PPS), yaitu panitia yang dibentuk oleh KPU Kabupaten/Kota untuk melaksanakan pemilu di desa atau nama lain kelurahan. Berbicara mengenai pemilihan umum, pemilihan umum adalah proses memilih orang untuk mengisi jabatan jabatan tertentu di dalam politik mulai dari preside, wakil rakyat di berbagai tingkatan..sejarah singkat tentang adanya pemilihan umum di Indonesia di mulai pada tahun 1955, sepuluh tahun setelah Indonesia dinyatakan merdeka, inilah kali pertama diadakannya pemilihan umum di Indonesia. Pemilihan umum pertama ini mendapat pujian dari berbagai negara asing di dunia, dan pemilihan umum ini di ikuti oleh lebih dari 30-an partai politik di Indonesia. 

Pemilihan umum di Indonesia di laksanakan setiap lima tahun sekali. Terdapat tiga pemilihan umum yang di adakan di Indonesia yaitu pemilihan umun untuk memilih presiden, pemilihan umum untuk memilih legislatif, serta pemilihan umum untuk memilih kepala daerah. Adapun tujuan di adakannya pemilihan umum ini yaitu agar masyarakat dapat mengenal dan memilih langsung sosok pemimpin daerah nya masing masing., sehingga program progam pemerintah mudah terlaksana dan dapat di laksanakan dengan baik oleh masyarakat.

Pelaksanaan pemilihan umum di Indonesia dilakukan dengan berbagai cara dengan keunikan nya masing masing. Tema yang di angkat sangat lah beragam, hal ini dilakukan dengan senang hati menyambut pemerintahan Indonesia yang fresh dan lebih baik ke depannya. Keunikan keunikan tersebut menjadi ciri khas daerah nya masing masing tanpa menjatuhkan paslon satu sama lain.

Adapun pemilihan umum di daerah saya biasanya dimulai pukul 07.00 WITA hingga 13.00 WITA, diberikan waktu yang cukup guna memberikan kesempatan kepada pemilik suara atau masyarakat yang mungkin masih bekerja dan lain lain, karena dalam pemilihan umu satu suara sangat memiliki arti yang besar dah berharga. 

Ada pun istilah golput, apa itu ? golput merupakan kepanjangan dari golongan putih, adalah orang orang yang secara sadar untuk menentukan pilihan dengan cara tidak memilih, dalam hal ini berarti tidak menggunakan hak pilih nya dalam pemilihan umum dengan baik. Suara dari pemilih yang golput ini adalah suara yang sangat berharga bagi paslon.

Namun dibalik itu semua terdaoat kelebihan dan juga kekurangan dari di adakannya pemilihan umum secara langsung yang di lakukan oleh rakyat, apa saja sih ?

Yang pertama kita kupas dulu dari kelebihan pemilihan umum secara langsung itu sendiri. Pemilihan umum merupakan sarana yang memiliki arti sangat penting bagi proses kaderisasi atau kelanjutan kepemimpinan secara nasional. Pemilihan umum ini juga di lakukan sebagai bentuk sarana atau penerapan dari pembelajaran demokrasi bagi masyarakat Indonesia yang sudah memiliki suara untuk memilih yaitu usia 17 tahun keatas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline