Lihat ke Halaman Asli

Putri NoviraAriyanti

Universitas Negeri Jakarta

Pemanfaatan Website Literasi Digital Sebagai P2M Dosen dan Mahasiswa MP UNJ pada Guru SDN Pulogadung

Diperbarui: 11 Agustus 2023   18:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dosen dan Mahasiswa P2M Pemanfaatan Website Literasi Digital (Sumber Gambar: Putri Novira Ariyanti)

Pembukaan pengabdian dosen dan mahasiswa MP yang dilakukan pada Selasa, 25 Juli 2023 di SD Negeri Pulogadung 07 berjalan dengan sukses dan menjadi awal mula rangkaian kegiatan pengabdian salah satunya yaitu pengabdian dengan judul "Pemanfaatan Website Literasi Digital Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru". Kegiatan pengabdian ini diketuai oleh Prof Dr. Rugaiyah, M. Pd. dan beranggotakan tim dosen yang terdiri dari Dr. Desi Rahmawati, M.Pd., Rahma Novianti, M.Pd., dan Dr. Siti Nabilah, M.Pd. Selain itu terdapat juga tim mahasiswa dari kegiatan P2M ini diantaranya Fauziah Dwi Lestari, Martizzah Fatimatus Salsabillah, Putri Amelia, Putri Novira Ariyanti, dan Syella Regina Efipania Simanjuntak.

Pada hari yang sama pada saat pembukaan pengabdian, setelah acara pembukaan selesai guru-guru di kecamatan Pulogadung tetap semangat mengikuti rangkaian pertemuan pertama pelatihan Pemanfaatan Website Literasi Digital Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Pertemuan pertama tersebut diisi dengan agenda penentuan jadwal, tempat, dan pembagian kelompok pelatihan. 

Pertemuan pertama ini dipandu oleh Prof. Dr. Rugaiyah, M. Pd., Dr. Desi Rahmawati, M.Pd., dan para mahasiswa.  Hasil dari pertemuan ini disepakati bersama bahwa pengabdian Pemanfaatan Website Literasi Digital Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru akan dilaksanakan setiap hari selasa dan kamis di SDN Rawamangun 05 untuk guru-guru yang tergabung di kelompok A, dan di SDN Cipinang 01 untuk guru-guru yang tergabung di kelompok B.

Pertemuan Pertama Koordinasi dan Kesepakatan P2M (Sumber Gambar: Putri Novira Ariyanti) 

P2M yang mengangkat tema Pemanfaatan Website Literasi Digital Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru memiliki 10 rangkaian pelatihan yang dibagi menjadi 10 pertemuan. Pertemuan pertama diisi dengan kesepakatan bersama pada 25 Juli 2023 di SD Negeri Pulogadung 07. Pertemuan kedua dimulailah secara resmi pelatihan dengan materi pengenalan aplikasi maupun website canva, pembuatan akun canva, dan sosialisasi hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk pelatihan selanjutnya yang dilakukan pada 27 Juli 2023 di tempat yang sudah disepakati sesuai kelompok pelatihan.

Setelah koordinasi mengenai pertemuan selanjutnya pada pertemuan kedua, proses pelatihan pertemuan ketiga, keempat, dan kelima menjadi lebih lancar. Semua guru SDN di Pulogadung sudah menyiapkan bahan materi pembelajaran untuk disusun kedalam media pembelajaran. Pertemuan ketiga yang dilaksanakan pada 1 Agustus 2023 di tempat seperti kesepakatan kelompok mempelajari mengenai pembuatan power point dengan aplikasi atau website canva. Setelah pembelajaran tersebut semua guru pun mengumpulkan hasil karyanya ke google drive.

Pada pertemuan keempat guru-guru SDN Pulogadung kembali diberikan pelatihan mengenai canva. Namun bedanya kali ini guru-guru diajarkan cara membuat video pembelajaran mulai dari video rekam diri sendiri sampai dengan belajar membuat video animasi untuk pembelajaran di kelas. Seperti pertemuan sebelumnya juga, hasil video karya guru-guru dikumpulkan di satu google drive. Pertemuan keempat ini dilaksanakan pada 3 Agustus 2023.

Pelatihan Membuat Video Animasi (Sumber Gambar: Putri Novira Ariyanti)

Pertemuan kelima menjadi pertemuan terakhir mengenai pelatihan membuat media pembelajaran mengenai canva. Karena pada pertemuan setelahnya akan membahas mengenai media lain. Pertemuan kelima yang berlangsung pada 8 Agustus 2023 menajdi momen untuk guru-guru membuat poster dan infografis melalui canva. Pada hari itu juga guru-guru mulai belajar menerapkan pelatihan tersebut dengan membuka poster atau infografis mengenai jadwal mata pelajaran. Hasilnya jadwal mata pelajaran yang dibuat guru-guru SDN Pulogadung sangat bagus dan informatif.

Pertemuan pertama sampai dengan pertemuan kelima pelatihan dari agenda P2M Pemanfaatan Website Literasi Digital Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa MP FIP UNJ berjalan dengan lancar dan mendapatkan respon yang positif serta memberikan output hasil media pembelajaran guru-guru yang sangat luar biasa. Pertemuan selanjutnya dosen dan mahasiswa MP FIP UNJ akan kembali memberikan pelatihan mengenai website literasi digital guru dan media-media pembelajaran melalui website lain dan juga AI.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline