Lihat ke Halaman Asli

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning di SMAN 7 Pekanbaru pada Matakuliah Pembelajaran Biologi Inovatif

Diperbarui: 31 Mei 2024   17:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Mahasiswa Universitas Lancang Kuning Fakultas Pendidikan dan Vokasi Jurusan Pendidikan Biologi yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMAN 7 Pekanbaru.

Pembelajaran biologi di tingkat SMA memerlukan pendekatan yang inovatif untuk membangun pemahaman yang mendalam dan keterampilan berpikir kritis siswa. Salah satu pendekatan yang efektif adalah model pembelajaran problem based learning (PBL). Artikel ini akan mengeksplorasi penerapan PBL dalam pembelajaran biologi di SMA pada materi Ekosistem.

Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan sebuah model pembelajaran yang diawali dengan masalah yang ditemukan dalam suatu lingkungan untuk mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan yang baru yang dikembangkan oleh siswa secara mandiri. 

Model pembelajaran problem based learning (PBL) menempatkan siswa dalam posisi aktif dalam proses pembelajaran. Guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing siswa dalam memecahkan masalah biologi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari atau konteks ilmiah tertentu.

Model pembelajaran problem based learning telah terbukti menjadi model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep biologi di tingkat SMA. Dengan menempatkan siswa dalam situasi di mana mereka harus menghadapi masalah nyata dan mencari solusi, model ini tidak hanya memperdalam pemahaman konseptual, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan pemecahan masalah.

Secara keseluruhan, penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pelajaran biologi di SMA dapat membantu siswa mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep biologi serta keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah yang penting dalam ilmu pengetahuan. Dengan memberikan tantangan yang relevan dan menantang, pendidik dapat mempersiapkan siswa untuk menjadi pembelajaran yang mandiri dan inovatif dalam bidang biologi dan di luar kelas.

dokpri

Di SMAN 7 Pekanbaru, siswa di kelas yang penulis terapkan sudah belajar menganai Ekosistem sebelumnya. Akan tetapi, kebanyakan siswa tidak mengingat apa yang sudah mereka pelajari. Oleh karena itu, dengan kedatangan kami yang menerapkan proses pembelajaran menggunakan model problem based learning akan meningkatkan daya ingat siswa mengenai materi Ekosistem. Dimana materi ini akan di jelaskan kembali dan dengan  adanya games membuat siswa lebih semangat dalam belajar.

dokpri

dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline