Lihat ke Halaman Asli

Putri Nahdliyah Ayu Khumaidah

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Tingkatkan Kebugaran, Mahasiswa KKN UM Adakan Senam Kebugaran bersama Lansia di Dusun Sumbergelang

Diperbarui: 27 Juli 2022   00:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa program kuliah kerja nyata (KKN) dari Universitas Negeri Malang (UM) sedang  mengadakan program senam kebugaran bersama lansia di Dusun Sumbergelang, Desa Sumberdem, Kecamatan Wonosari. Kegiatan ini diikuti oleh para lansia yang bertempat di Dusun Sumbergelang. 

Program senam bersama bertujuan sebagai bentuk pengabdian mahasiswa dalam bidang kesehatan, khususnya untuk meningkatkan kebugaran para lansia di Dusun Sumbergelang. Senam bisa dibilang suatu aktivitas fisik yang dapat meningkatkan kebugaran tubuh entah itu dari anak -- anak, orang dewasa dan juga lansia. 

dengan dosen pembimbing  Bapak Andika Bagus Nur Rachma Putra, S.Pd, M.Pd dan para mahasiswa/i yang menjadi penanggungjawab (Muhammad Husein Maulana Syauqi, Fajar Wahydi, Nabila Az Zahra Arli, Muthiah Nailin Najah, serta anggota tim KKN lainnya.) 

program kerja yang identik dengan untuk kesehatan dan sasaran utamanya adalah para ibu -- ibu lansia, maka akhirnya di usulkannya program senam kebugaran yang akan diikuti oleh para lansia, yang telah di naungi oleh Ibu Sulastri selaku kader perkumpulan para ibu -- ibu  lansia tersebut.

Kegiatan senam bersama ini membidik sasaran para ibu lanjut usia (lansia) di Dusun Sumbergelang. Penduduk Dusun Sumbergelang memang didominasi kelompok masyarakat berumur 40-65 tahun. 

Pelaksanaan program senam kebugaran bertepatan denga hari Jumat tanggal 25 Juni 2022 pada pukul 08.00 WIB dan akan diadakan kembali pada hari Kamis tanggal 7 Juli 2022, 

hal tersebut telah melalui koodinasi dan telah mendapat persetujuan perihal tempat dan waktu pelaksanaan dengan Kepala Dusun yaitu Bapak Ihsanulhadi dan juga ketua kader lansia dan akan diikuti para anggota kader lansia, tetapi tidak menutup kemungkinanan pihak diluar keanggotaan untuk ikut meramaikan senam bersama tersebut.

Senam di tanggal 25 Juni yang bertempat di pekarangan rumah salah satu anggota kader lansia dan juga masih kerabat dari bapak Kepala Dusun Bapak Ihsanulhadi dan dikuti oleh 26 orang dari 60 orang anggota beserta beberapa orang dari luar keanggotaan yang turut andil dalam acara senam kebugaran pada jumat pagi. 

Senam yang dilaksanakan 3 sesi yang memakan waktu kurang dari 20 menit, yang berisi pertama pemanasan, kedua senam inti dan ketiga pendingnan ini, kami dibantu oleh bebrapa kader yang salah satunya adalah Ibu Hermin yang menjasi instuktur agar lebih dipahami oleh para kader dan para peserta senam kebugaran tersebut, kami para mahasiswa/i membagi tugas agar lebih mudah dan tidak memakan waktu terbuang, 

diantaranya ada yang menyiapkan lapangan untuk melakukan senam, menyiapkan sound system atau pengeras suara, mnyiapkan konsumsi, menjadi instruktur dan bagian dokumentasi acara. Itu semah agar kami juga mudah dalam melakukan perencanaan dan laporan untuk program kerja tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline