Lihat ke Halaman Asli

Putri Nahdliyah Ayu Khumaidah

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Mengasah Kreatifitas, Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Memberikan Bimbingan Belajar Membaca dan Menulis Puisi

Diperbarui: 26 Juli 2022   22:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa program Kuliah Kerja Nyata (KKN) reguler dari Universitas Negeri Malang (UM) menjalankan program kerja bimbingan belajar baca tulis puisi di SDN  Sumberdem. 

Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dan keterampilan para siswa baik dalam hal pengetahuan, pembacaan, maupun penulisan karya sastra puisi.

Program bimbingan belajar ini dipandu oleh mahasiswa KKN UM bimbingan Bapak Andika Bagus Nur Rahma Putra, S.Pd, M.Pd. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2022 dengan target sasaran siswa/i kelas 4 SDN 1 Sumberdem, yang terletak di Jl. Raya Sumberingin NO.49-B/ 175 Desa Sumberdem Kecamatan Wonosari, Kab. Malang, Prov. Jawa Timur. 

Udara dingin menyelimuti Desa Sumberdem ini, karena desa ini bertengger di kaki Gunung Kawi.

Para mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) memilih untuk memberikan bimbingan belajar berupa baca dan tulis puisi karena para siswa/i dirasa kurang mengerti dan paham dari puisi itu sendiri. Pada pelaksanaannya, para siswa/i dijelaskan mengenai makna puisi, apakah fungsi puisi, dan sebagainya.

Pelaksanaan bimbingan belajar ini dilakukan pada masa hendak libur sekolah. Pada saat bimbingan belajar ini diadakan, para siswa/i sedang melaksanakan classmeeting. Namun, tidak mengurangi semangat siswa/i kelas empat yang hendak mengikuti bimbingan belajar, justru mereka terlihat sangat senang dan menyambut kedatangan para mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM).

Moh Nauval Alfarizi, selaku pemateri sekaligus penanggung jawab  acara bimbingan belajar ini ditemani oleh Putri Nahdliyah Ayu Kumaidah dan Jihan Enjelika Nadya Sari. Bimbingan pada hari itu menjelaskan materi terkait puisi dan memberikan tugas pembuatan puisi kepada 36 siswa/i. 

Materi yang disampaikan kepada siswa/i antara lain berupa pengertian dari puisi, fungsi puisi, unsur-unsur yang membangun puisi, macam-macam rima atau sajak, serta cara membuat dan membaca puisi.

Puisi sendiri merupakan salah satu karya sastra yang cenderung mudah untuk dibaca dari berbagai kalangan. Sesuai dengan pengertian puisi, karya sastra jenis ini menggunakan kata-kata, irama dan rima atau sajak sebagai media penyampaian untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran penyair. Puisi, dalam penulisannya, menciptakan ilusi dan imajinasi serta dapat diubah dalam bentuk bahasa yang memiliki kesan yang mendalam.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline