Lihat ke Halaman Asli

Pengertian dan Teknik Dasar Pencak Silat

Diperbarui: 15 Februari 2023   07:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Pencak silat merupakan suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Kepulauan Nusantara atau Indonesia. Seni bela diri ini mulai dikenal di negara-negara tetangga Indonesia, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Filipina bagian selatan, dan Thailand bagian selatan.

Pencak Silat telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia pada 13 Desember 2019. Hal ini mengharumkan nama Indonesia karena mendapatkan pengakuan di kancah Internasional mengenai warisan budaya. Oleh karena itu, Pencak Silat memiliki peluang untuk dipertandingkan dalam cabang olahraga di Olimpiade.

Pencak Silat sudah dipertandingkan di pertandingan nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali. Pencak silat juga dipertandingkan dalam ajang Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) sejak tahun 1987. Di Indonesia Pencak Silat memiliki Induk Olahraga Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Sedangkan organisasi yang mewadahi federasi-federasi Pencak Silat di berbagai negara yaitu Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa (Persilat). Organisasi ini dibentuk oleh Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Teknik Dasar yang Ada di Pencak Silat

Ada beberapa teknik dasar yang ada di Pencak Silat, diantaranya :

  • Sikap Kuda-kuda

Sikap kuda-kuda merupakan sikap dasar dan sikap awal dalam pencak silat. Sikap ini memposisikan kaki sebagai tumpuan sebelum memulai gerakan untuk menyerang atapun bertahan dari serangan. Ada beberapa macam kuda-kuda dalam pencak silat yaitu kuda-kuda depan, kuda-kuda belakang, kuda samping yang sering kita dengar. Selain itu, ada juga kuda-kuda silang depan, kuda-kuda silang belakang, dan kuda-kuda tengah.

  • Sikap Pasang

Sikap pasang merupakan suatu kesiagaan dala melakukan serangan dengan kombinasi dari teknik kuda-kuda, posisi kaki, dan posisi tangan.

  • Pola Langkah

Pola langkah merupakan teknik yang digunakan agar pergerakan yang dilakukan tidak mudah ditebak oleh lawan. Teknik ini dilakukan dengan memindahkan injakan pada kaki dari satu tempat ke tempat lainnya dengan pola yang disusun sendiri. Teknik pola langkah ini membutuhkan keseimbangan dan koordinasi antara posisi badan, tangan, dan kaki saat melangkah.

  • Pukulan

Pukulan merupakan teknik untuk menyerang lawan dengan menggunakan tangan. Teknik ini digunakan untuk menyerang bagian tubuh lawan yang sudah disahkan untuk memperoleh poin atau angka. Ada beberapa pukulan, diantaranya pukulan depan, pukulan bandul, pukulan samping, pukulan melingkar dan pukulan tegak.

  • Tendangan

Tendangan merupakan teknik untuk menyerang lawan dengan menggunakan kaki. Teknik ini digunakan untuk menyerang bagian tubuh lawan yang sudah disahkan untuk memperoleh poin atau angka. Ada beberapa tendangan, diantaranya tendangan lurus, tendangan T, tendangan melingkar, tendangan belakang, tendangan sabit, dan tendangan jejag.

  • Tangkisan

Tangkisan merupakan teknik untuk menangkis atau menahan serangan dari lawan. Ada beberapa tangkisan yang ada dalam pencak silat, diantaranya tangkisan atas, tangkisan bawah, tangkisan luar, tangkisan dalam, dan tangkisan belah tengah.

  • Hindaran

Teknik hindaran merupakan teknik yang digunakan untuk menghindari serangan dari lawan agar tidak terkena damage.

  • Kuncian

Teknik kuncian merupakan teknik yang digunakan untuk melumpuhkan lawan agar tidak dapat bergerak atau tubuhnya bagaikan dikunci. Kuncian dilakukan dengan membidik bagian tubuh lawan yang vital, seperti pergelangan tangan, leher, lengan, dagu, ataupun bahu musuh.

  • Guntingan dan Sapuan

Teknik ini digunakan untuk menjatuhkan lawan dengan menyerang kuda-kuda lawan dengan cara menendang dengan sapuan atau menjepit kaki musuh, sehinga lawan kehilagan keseimbangan dan terjatuh.

  • Berbaring

Teknik berbaring merupakan teknik yang berfungsi untuk mempertahankan diri saat terjatuh. Ada beberapa macam, diantaranya teknik berbaring telungkup (saat jatuh ke depan), teknik berbarig miring (saat terjatuh ke samping kanan atau kiri), dan teknik berbaring terlentang (saat terjatuh ke belakang).


Demikianlah informasi mengenai olahraga Pencak Silat.

Salam Olahraga




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline