Didalam sebuah pendidikan terdapat berbagai macam peranan masyarakat. Masyarakat diartikan sebagai satu bentuk tata kehidupan social dan tata budaya pengembangan masyarakat melalui pendidikan secara sistemik. Pendekatan sistemik terhadap pengembangan pendidikan adalah pendekatan dimana masyarakat tradisional sebagai input dan pendidikan sebagai suatu lembaga sekolah, masyarakat sebagai pelaksana proses pengembangan dalam meningkatkan mutu sekolah. Menurut ki Hajar Dewantoro ada tiga lingkungan pendidikan yaitu; lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
Masyarakat selaku pengguna jasa lembaga pendidikan memiliki kewajiban untuk mengembangkan serta menjaga keberlangsungan penyelenggaraan proses pendidikan, sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang sistem pendidikan nasional nomor 20 thn 2003 BAB 1V yang didalamnya memuat bahwasanya pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat, dan keluarga.
Peran masyarakat dalam pendidikan sekolah meliputi peran peseorangan, kelompok, keluarga,organisasi profesi, pengusaha, dan organisasi kemasyarakatan dalam penyelenggaraan mutu pelayanan pendidikan di sekolah. Selain itu masyarakat dapat berperan sebagai sumber, pelaksana, dan pengguna hasil.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H