Lihat ke Halaman Asli

Kuliah Online Dianggap Kurang Efektif

Diperbarui: 6 Juni 2021   00:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid-19 masih berlanjut kegiatan pembelajaran pun masih dilaksanakan via online. Namun karena terlalu lama berlangsungnya kegiatan ini, maka dianggap kurang efektif dalam proses pembelajaran. Tidak hanya siswa, namun mahasiswa pun merasakan hal yang sama yaitu kesulitan dalam memahami materi dan mengerjakan tugas.

Seperti halnya kak Herlintinia yang merupakan seorang mahasiswa semester 5. "Hampir setiap hari merasa kesulitan dalam mengerti materi dan tugas yang diberikan" ujar Kak Herlintinia, Jakarta Jum'at 05/06/2021.

Ia pun dituntut mandiri dan berusaha memahami materi serta tugas yang diberikan oleh dosen setiap harinya. Karena dalam kondisi seperti ini sangat sulit untuk berdiskusi secara detail tentang materi-materi yang diberikan. "Ya saya berusaha mengerti dan belajar sendiri, mau nanya temen pun kadang banyak yang bingung juga. Akhirnya mau gak mau ngerjain semuanya sendiri." Ujar Kak Herlintinia.

Seiring bejalannya waktu, banyak siswa dan mahasiswa yang merindukan dan berharap pembelajaran online segera digantikan dengan online, karena menurut mereka kurang efektif. "Saya juga kurang tau pasti, tapi sempet ada berita sih kalau semester depan sudah mulai pembelajaran offline. Yaa saya berharap semoga berita itu benar, agar saya bisa dapat belajar dengan benar. Karena pembelajaran sistem online ini menurut saya kurang efektif." Ujar Kak Herlintinia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline