Lihat ke Halaman Asli

Putri Lomo

Mahasiswa

Adaptasi Novel "Ayah Mengapa Aku Berbeda?"

Diperbarui: 10 Desember 2021   15:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto: jurnal-doc.com

Novel-novel yang diangkat ke layar putih adalah novel yang populer di kalangan masyarakat. Salah satunya adalah novel Ayah Mengapa Aku Berbeda? karya Agnes Davonar.

Sebelum diangkat menjadi sebuah film, kisah ini sudah memperoleh 2 juta pembaca online.

Film Ayah Mengapa Aku Berbeda? ? rilis pada 17 November 2011 jauh sebelum sinetronnya ditayangkan di televisi.

Film Ayah Mengapa Aku Berbeda? ini berkisah tentang kehidupan seorang gadis remaja penyandang tunarungu bernama Angel. Gadis tersebut tinggal bersama ayah dan neneknya.

Ibu Angel telah meninggal ketika ia lahir ke dunia. Meskipun tidak dapat mendengar, Angel tetap dapat berkomunikasi menggunakan bahasa tangan.

Angel yang dianggap tidak sempurna atau cacat harus berjuang untuk dapat diterima di sekolah umum. Penderitaan Angel terus berlanjut ketika ia berhasil diterima di sekolah umum.

Ekranisasi Novel Ayah Mengapa Aku Berbeda ?

Foto: kapanlagi.com

Untuk menjadi sebuah film, novel Ayah Mengapa Aku Berbeda ? telah melewati proses ekranisasi. Eneste (dalam Putri dkk, 2014) menerangkan bahwa ekranisasi merupakan proses memindahkan sebuah cerita novel ke dalam film.

Dalam proses ini, cerita yang ada di dalam novel akan mengalami perubahan. Perubahan tersebut mencakup pengurangan atau peringkasan alur cerita, penambahan atau memperluas alur cerita, dan menambahkan beberapa variasi adegan mulai dari audio, tokoh, hingga latar tempat dan waktu.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Yeni Putri dan kawan-kawan (2014) ditemukan bahwa dalam film Ayah Mengapa Aku Berbeda ? terdapat 105 episode dari 144 episode cerita novel yang tidak dimasukkan ke dalam film.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline