Lihat ke Halaman Asli

Putri Laila Sari

college student

Jilsah Khotmil Qur'an Santriwati Baitul Qur'an Pesantren Al-Ma'tuq Markaz Al-Zamil 2024

Diperbarui: 11 Februari 2024   13:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jilsah Khotmil Qur'an (Foto : Dokumentasi Al-Zamil Media) 

Al-Qur’an merupakan kitab pedoman bagi seluruh umat manusia, sehingga Allah akan senantiasa memuliakan serta meninggikan derajat orang-orang yang mempelajari Al-Qur’an, dan mengamalkannya. Sebagaimana dalam hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda: “Sebaik-baik orang di antara kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari). 

Pesantren Al-Ma'tuq Markaz Al-Zamil merupakan sebuah instansi yang memiliki beberapa program unggulan dalam membantu santriwati untuk menghafal Al-Qur'an, diantaranya ialah halaqah Baitul Qur'an. Halqah Baitul Qur'an merupakan salah satu program unggulan tahfidz yang mempunyai target hafalan Al-Qur'an 30 Juz dalam kuruan waktu 2 tahun bagi santriwati tingkat menengah atas, dan 3 tahun bagi santriwati tingkat menengah pertama. 

Sabtu, 10 Februari 2024 telah dilaksanakannya kegiatan Jilsah Khotmil Qur’an di masjid Markaz Al-zamil. 

"Jilsah Khotmil Qur'an merupakan agenda pembacaan setoran akhir hafalan santriwati anggota Baitul Qur'an setelah melalui proses menghafal dari juz yang pertama hingga juz yang terakhir Dalam kegiatan ini pula, kami menyelenggarakan kegiatan Jilsah Khotmil Qur an yang bertujuan untuk mengapresiasi serta sebagai bentuk dukungan terhadap hafalan yang telah disetorkan oleh ananda. Pada kegiatan ini santriwati menyetorkan hafalan akhir di hadapan musyrifah dengan didampingi oleh kedua orangtua dan disaksikan oleh jajaran dewan guru, segenap pengurus pesantren, serta seluruh santriwati. " terang Asisten Baitul Qur'an Pesantren Al-matuq Markaz Al-Zamil, Rosdinda Iftakhul Firdausi, S.Sos.

Kegiatan Jilsah khotmil Qur’an ini diikuti oleh 24 peserta, yang diantara nya santriwati kelas 10 dan 11.

Turut hadir dalam kegiatan ini seluruh santri Markaz Al-zamil, ketua panitia kegiatan ustadzah Rosdinda Iftakhul Firdausi, S.Sos dan para tamu undangan, Mudir ‘Am Pesantren Al-Ma’tuq Ustadz Dr. Ade Hermansyah, Lc., M.Pd.I, Mudir Markaz Al-zamil Ustadz Latif Maulana, BA., M.Pd., walisantriwati Baitul Qur'an beserta kawabid dan staff pendidikan Markaz Al-zamil.  

Tujuan kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk motivasi, penghargaan, dan apresiasi atas prestasi dan pencapaian yang telah diraih oleh santriwati karena telah menyelesaikan setoran hafalan Al-Qur'an 30 juz. mengevaluasi kualitas hafalan santri, sarana bagi peserta untuk memutqinkannya serta motivasi bagi seluruh santri agar semangat menjaga hafalan.

Seperti biasanya kegiatan ini diawali dengan basmalah, tilawah Al-Qur’an, sambutan-sambutan, jilsah angkatan 1X jenjang MA, jilsah angkatan 1 tingkat MTs, kesan pesan dari peserta jilsah khotmil qur'an,pemberian penghargaan, foto bersama dan ramah tamah bersama tamu undangan. 

Setelah dilaksanakannya kegiatan Jilsah Khotmil Qur`an atau merupakan penyetoran hafalan terakhir santriwati Baitul Qur`an, terasa begitu menginspirasi melihat semangat dan dedikasi mereka dalam menghafal Al-Qur'an. Prestasi yang telah dicapai oleh mereka menciptakan suatu atmosfer yang penuh kebanggaan dan kebahagiaan. Kebersamaan dalam proses pembelajaran ini benar-benar memperkuat rasa persaudaraan di antara mereka, dan hasilnya sungguh memuaskan. Semua itu memberikan kesan positif yang mendalam, menunjukkan bahwa upaya keras dan ketekunan dapat menghasilkan prestasi luar biasa.

Semoga selalu Istiqomah dalam mempelajari, mengamalkan serta mencintai Al-Qur`an




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline