Lihat ke Halaman Asli

Putri Jivani

Man Jadda Wajada

Swasta dan Cita-Citaku

Diperbarui: 13 Agustus 2019   20:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Banyak yang beranggapan, kuliah di swasta tandanya bodoh dan payah. Orang-orang, teman, bahkan keluargamu sendiri akan memandang kamu beda dibanding dengan rekan mereka lainnya yang bisa kuliah di PTN.

Biasanya disini kamu akan dilema dengan stigma-stigma negatif orang terhadap anak yang berkuliah di swasta. "Nanti gajinya kecil lho kalo lulusan swasta" kata siapa? aku juga bisa kok buktiin ke perusahaan bahwa kemampuanku layak diberi apresiasi tinggi.

Sebenarnya, swasta juga tidak kalah bagus lho dengan perguruan tinggi negeri. Banyak universitas swasta yang menyediakan fasilitas lebih bagus dibanding universitas negeri, sehingga mampu menunjang mahasiswanya untuk untuk mengembangkan potensinya yang berkualitas hingga akhirnya mereka berhasil meraih cita-citanya.

One thing you just have to know that, kamu punya kesempatan yang lebih berharga disini. I-ni bu-kan hal yang me-ma-lu-kan. Kamu masih bisa mewujudkan mimpi kamu disini dan membuat bangga orang tua mu yang sudah memperjuangkan kamu juga untuk tetap bisa merasakan bangku perkuliahan. Kamu juga harus bangga pada dirimu sendiri bahwa kamu berani mengambil jalan ini tanpa takut akan tanggapan orang lain.

Nah, untukmu yang masih dilema untuk memilih swasta, aku akan memberikan sedikit pertimbangan yang mungkin bisa membantu kamu untuk di diskusikan dengan orang tua juga. Pertimbangan apa aja sih yang bisa kamu pilih untuk akhirnya memilih perguruan tinggi swasta?

1. Yakin

Tentunya di faktor ini, kamu udah ga akan terpengaruh lagi dengan tanggapan negatif orang-orang terhadap kuliah di perguruan tinggi swasta. Kamu yakin bahwa Allah akan memberikan jalan lewat manapun dari hal yang tidak terduga. Segala sesuatu yang buruk menurut kita bisa jadi baik menurutNya lho. Selama niat mu tidak salah dan kamu yakin dengan pilihan ini, kamu tidak salah untuk memperjuangkannya.

2. Tidak Ingin Membuang Waktu

Kamu tidak ingin berlama-lama untuk menunda kuliah, kamu ingin segera mewujudkan cita-citamu. Ada orang yang harus segera melihatmu sukses dan merasakan hasil jerih payahmu, kamu ga mau ngecewain mereka, iya orang tua yang selalu mendukungmu. Pokoknya opsi ini bisa jadi pertimbangan bagi kamu yang tidak ingin berlama dalam kegiatan yang tidak tetap.

3. Memiliki Kontrol Diri yang Rendah

Yang satu ini pentng banget dipertimbangin bagi kamu yang punya prinsip 'ngikut aja deh'. Kontrol diri yang rendah adalah ketika kamu diajak kemana aja 'hayuuu', alias harus ada dorongan supaya kamu tidak mudah tepengaruh oleh ajakan-ajakan yang kurang bermanfaat dan dapat mengganggu konsentrasi kamu untuk mengejar cita-cita. Dengan kamu memilih kuliah, otomatis kamu harus dituntut untuk berproduktif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline