Lihat ke Halaman Asli

Putri Isna

mahasiswa

Lingkungan Pemasaran: Hal yang Penting dalam Memengaruhi Strategi dan Keputusan bagi Bank

Diperbarui: 6 Juli 2024   12:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

       Bagi bank dalam merencanakan dan menjalankan kegiatan pemasaran, sama hal nya dengan kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan lainnya. Salah satunya adalah memperhatikan lingkungan pemasaran. Lingkungan pemasaran sangat menentukan strategi yang akan dijalankan oleh bank. Karena lingkungan pemasaran sangat memengaruhi sukses tidaknya kegiatan pemasaran yang akan dijalankan nantinya. Itu lah mengapa lingkungan pemasaran merupakan hal yang penting dalam kegiatan pemasaran.

      Lingkungan pemasaran diartikan sebagai kekuatan yang ada di dalam dan di luar perusahaan yang memengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan mempertahankan produk-produk bank yang ada. Lingkungan pemasaran juga diartikan sebagai kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi-transaksi yang berhasil dengan pelanggan sasarannya. Lingkungan pemasaran sebenarnya sangat erat kaitannya dengan lingkungan ekonomi, lingkungan politik, dan lingkungan budaya. Dalam lingkungan ekonomi, menjelaskan mengenai faktor-faktor yang memengaruhi daya beli masyarakat. Dalam lingkungan politik, mengarah pada hukum dan badan pemerintah yang memengaruhi serta membatasi berbagai organisasi. Serta dalam lingkungan budaya memberikan penjelasan bahwa lingkungan pemasaran juga dipengaruhi oleh institusi dan kekuatan lain yang mempengaruhi nilai dasar, persepsi, selera dan perilaku masyarakat.

     Dalam bank, lingkungan pemasaran dibagi menjadi dua, yaitu lingkungan mikro dan makro. Lingkungan mikro adalah kekuatan yang dekat dengan bank yang memengaruhi kemampuan bank yang bersangkutan dalam melayani para pelanggannya. Komponen-komponen yang ada dalam lingkungan mikro, yaitu manajemen bank itu sendiri, pemasok, perantara pemasaran bank, nasabah, pesaing dan publik. Sedangkan lingkungan makro merupakan kekuatan yang lebih luas dari lingkungan mikro yang memengaruhi bank secara keseluruhan. Dan dalam lingkungan makro terdapat beberapa komponen, yaitu lingkungan demografis, lingkungan ekonomis, lingkungan alam, lingkungan teknologi, lingkungan politik dan undang-undang, serta lingkungan kultural.

      Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa lingkungan pemasaran merupakan hal yang penting dalam memengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan mempertahankan produk-produk bank yang ada. Lingkungan pemasaran juga memengaruhi dalam penentuan strategi dan pengambilan keputusan. Ini dikarenakan lingkungan pemasaran sangat memengaruhi sukses tidaknya kegiatan pemasaran yang akan dijalankan nantinya. Maka lingkungan pemasaran sangat penting bagi bank karena memengaruhi kemampuan bank dalam melayani dan memuaskan kebutuhan para pelanggannya. Oleh karena itu, bank harus memahami dan menanggapi perubahan dalam lingkungan pemasaran untuk tetap kompetitif dan berkelanjutan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline