Lihat ke Halaman Asli

Wawancara untuk "Freshgraduate"

Diperbarui: 27 September 2017   21:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Bagaimana cara menjadi interviewer yang baik ? Atau apalah namanya, intinya gimana caranya supaya HRD yg interview kita tertarik buat melanjutkan interview kita.

Pertama tama, tips ini dibuat dr seorang HRD yang dulunya pernah ngerasain juga rasanya sebagai new bie atau fresh graduate.

Kalo yang udah pro kan, gausa pke tips lagi ya. 

Dulu awal kerja taun 2011, lulus SMA ud gatel pengen rasain yg namanya kerja. Ngrim lamaran dan CV pun dodol banget, next kita bakal bahas ya CV dan lamaran seperti apa sih yang bikin HRD tertarik. Lanjut, dl waktu lulus SMA dipanggil buat interview ga terlalu ribet.

Jadi aku cuma dateng pake kemeja,celana jeans,rambut diikat,make up natural.

Standardnya, krn aku pernah di posisi yang interview orang.itu balik lagi ke posisi yang kamu lamar, misal dg lulusan SMA melamar kerja di toko buku.

Groomingnya : Rambut dikepang rapi ( asal tidak tergerai ), make up natural ( fresh ) , pakaian biasanya ad yg ud ditentukan ( atau kalo dibilang bebas rapi,yaudah pake aja kemeja sama celana panjang.tapi kalo bisa celananya jangan jeans,biar terlihat serius dlm mencari kerja), trs sepatunya jangan berlebihan ( wedges / heels ) sebaiknya jangan. Ini balik lagi contoh casenya lulusan SMA yg melamar ditoko buku ya.

Terus waktu kamu di telpon buat dateng interview ad beberapa etika yang harus kamu tau.

1.Jawab telphon dg suara lembut

Karena, bisa saja HRD yang sedang menelpon anda lulusan psikologi. jd dr cara anda menerima telphon sudah ada penilaiannya

2. Cari posisi yang enak ( tersambung dg sinyal dan cara bicara )

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline